Sunday 12th of May 2024

Tutorial Membuat Kerajinan Robot yang Bisa Berjalan dari Kardus, Sederhana Namun Bisa Jadi Mainan Mahal!

×

Tutorial Membuat Kerajinan Robot yang Bisa Berjalan dari Kardus, Sederhana Namun Bisa Jadi Mainan Mahal!

--

ASCOMAXX.com  - Seperti yang kita ketahui, robot yang bisa berjalan memiiki harga yaang cukup realtif mahal, apalagi jika menggunakan remot kontrol. Namun kini, kalian bisa membuat robot yang bisa berjalan sederhana hanya dengan kardus. Berikut langkah-langkah lengkapnya. 

Kardus bekas bisa menjadi salah satu barang yang digunakan untuk membuat kerajinan. Kardus bekas sering kali ditemukan setelah proses pengiriman, pindahan, atau penyimpanan barang. Meskipun barang utamanya telah dipergunakan, kardus bekas masih memiliki potensi untuk digunakan kembali.


Banyak orang dan bisnis berusaha untuk mendaur ulang kardus bekas guna mengurangi limbah dan dampak lingkungan negatif. Selain mendaur ulang, kardus bekas juga bisa digunakan untuk kerajinan tangan yang memiliki nilai estetik dan nilai jual.

Baca juga: Ide Model Perahu Mainan dari Kardus Bekas Menarik, Mudah Dibuatnya dengan Bahan yang Ada!

Baca juga: Cara Membuat Media Pembelajaran PAUD Tema Keluargaku dengan Menggunakan Kardus, Belajar Jadi Lebih Fun dan Mudah Dipahami

Baca juga: Cara Membuat Miniatur Rumah dari Kardus, Minimalis Hasilnya Tak Tetap Cantik!

Kerajinan bisa dibuat dari bahan bekas, dimana bahan-bahan yang sudah tidak terpakai atau dianggap limbah diubah menjadi karya seni atau produk fungsional yang bernilai. Berbagai jenis bahan bekas seperti botol plastik, kertas, kardus, kain bekas, dan lainnya dapat diolah menjadi objek yang memiliki estetika.

Selain memberikan peluang untuk mengekspresikan kreativitas, kerajinan dari bahan bekas juga berkontribusi pada upaya daur ulang dan pengurangan limbah, membantu menjaga lingkungan dan menginspirasi kesadaran akan pentingnya penggunaan sumber daya secara berkelanjutan.

Membuat Robot yang Bisa Berjalan dari Kardus

Alat dan Bahan:

- Kardus bekas
- Cutter, penggaris, spidol, sedotan, alat ukir..
- Lem tembak, jangka, gunting, dinamo bekas, tusuk sate
- Karet gelang, baterai bekas dari HP, solder.
- Saklar toggle, tusuk es krim, lem super.

Cara Membuat:

1. Buatlah dua pola kardus yang panjang dan satu pola yang lebih pendek dengan menggunakan cutter dan penggaris. Kemudian potong sesuai pola yang telah dibuat.
2. Gunakan alat ukir untuk membuat tiga lubang pada pola kardus.
3. Potong sedotan menjadi sekitar 2 cm pada bagian pendeknya dan lakukan hal yang sama untuk 6 buah sedotan.
4. Tempatkan potongan sedotan ke dalam lubang kardus dan rekatkan dengan kuat menggunakan lem super di sekitar pinggiran sedotan.
5. Oleskan lem tembak pada kedua ujung kardus yang sudah dilengkapi dengan sedotan.
6. Pasang dinamo pada rangkaian kardus yang sudah dibuat sebelumnya dengan menggunakan lem tembak.

Sumber:

UPDATE TERBARU