Monday 3rd of June 2024

Kata Kata Mutiara PSHT Mengenai Kebijaksanaan Hidup Dalam Bahasa Jawa, Kalimat Pendek Namun Bermakna!

×

Kata Kata Mutiara PSHT Mengenai Kebijaksanaan Hidup Dalam Bahasa Jawa, Kalimat Pendek Namun Bermakna!

--

Kata Kata Mutiara PSHT Mengenai Kebijaksanaan Hidup

“Aja seneng gawe ala ing liyan, apa alane gawe senenge liyan” Artinya : Jangan sampai mencelakakan orang lain, tidak ada ruginya bagi kita jika berusaha membuat senang orang lain.

“Ngundhuh wohing pakarti, sapa nandur bakal ngundhuh.” Artinya : Apapun perbuatan yang telah dan akan kita lakukan pasti akan kembali pada diri kita sendiri, maka itu berhati-hatilah dalam berbuat, apalagi jika menyangkut kepentingan banyak orang.


“Urip Kudu Urup.” Artinya : Hidup itu harus menyala, Hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain di sekitar kita, semakin besar manfaat yang bisa kita berikan tentu akan lebih baik, tetapi jika kita hanya mampu memberikan sedikit sekali manfaat untuk sekitar, maka setidaknya jangan meresahkan lingkungan sekitar kita.

Baca juga: 5 Contoh Kalimat Permintaan Maaf Tidak Bisa Hadir di Acara Pernikahan, Gunakan Bahasa yang Santun dan Sopan ya!

Baca juga: Pengertian Kalimat Definisi: Ciri-ciri, Jenis dan Contoh Lengkapnya

Baca juga: 50+ Judul Skripsi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Pendidikan Karakter, Mudah di ACC Dosen!

“Cilik ora kurang akal, gede ora luweh akal,yen eleng ora bakal mundur.” Artinya : Kecil bukan berarti kekurangan akal, dan besar bukan berarti lebih berakal, sebab kalau ingat maka tidak akan mundur.

“Datan Serik Lamun Ketaman, Datan Susah Lamun Kelangan.” Artinya : Jangan gampang sakit hati manakala musibah telah datang dan menimpa diri kita. Jangan sedih manakala kehilangan sesuatu yang telah berhasil kita dapatkan sebelumnya.

"Nilai akhir dari kehidupan tergantung pada kesadaran dan kekuatan ketika kita melakukan sebuah perenungan bukan hanya pada kelangsungan hidup semata."

"Yang selamanya akan menghambat mimpi untuk tercapai adalah rasa takut yang berlebihan akan menemui kegagalan."

"Sepi ing Pamrih Rame ing Gawe, Banter tan Mbancangi, Dhuwur tan Ngungkuli." (Bekerja dengan giat tanpa pamrih, cepat tanpa mendahului dan tinggi tanpa menandingi.)

Sekian dulu topik pembahasan kali ini mengenai Kata Kata Mutiara PSHT Mengenai Kebijaksanaan Hidup yang bisa kami sampaikan di atas. Semoga bisa bermanfaat ya.

Sumber:

UPDATE TERBARU