Thursday 23rd of May 2024

Waktu Mustajab untuk Membaca Allahuma Yassir Wala Tu'assir, Sepertiga Malam Menjadi Salah Satunya

×

Waktu Mustajab untuk Membaca Allahuma Yassir Wala Tu'assir, Sepertiga Malam Menjadi Salah Satunya

--

11. Hari Rabu antara Dzuhur dan Ashar

Salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa adalah di antara waktu Dzuhur dan Ashar di hari Rabu. Nabi Muhammad SAW bersabda: "Pada hari Rabu lah doanya dikabulkan, yaitu di antara shalat Zhuhur dan Ashar" (HR. Ahmad, no. 14603, Al Haitsami dalam Majma Az Zawaid, 4/15, berkata: "Semua perawinya tsiqah", juga dishahihkan Al Albani di Shahih At Targhib, 1185).


12. Meminum Air Zam-zam

Ketika waktu minum air zam-zam, ini juga merupakan waktu yang tepat untuk berdoa. Rasulullah bersabda: "Khasiat Air Zam-zam itu sesuai niat peminumnya" (HR. Ibnu Majah, 2/1018. Dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibnu Majah, 2502).

13. Perang Sedang Berlangsung

Perang yang sedang berkecamuk juga merupakan waktu yang baik karena merupakan waktu yang mustajab. Nabi Muhammad SAW bersabda: "Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang" (HR. Abu Daud, 2540, Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Nata-ijul Afkar, 1/369, berkata: "Hasan Shahih").

Demikian ringkasan informasi yang dapat kami berikan kepada kalian semua mengenai doa allahumma yassir wala tuassir. Semoga sedikit banyak artikel yang kami berikan kepada kalian bisa berguna dan bermanfaat ya.

Sumber:

UPDATE TERBARU