Saturday 18th of May 2024

Waktu Mustajab untuk Membaca Allahuma Yassir Wala Tu'assir, Sepertiga Malam Menjadi Salah Satunya

×

Waktu Mustajab untuk Membaca Allahuma Yassir Wala Tu'assir, Sepertiga Malam Menjadi Salah Satunya

--

5. Di antara Adzan dan Iqamah
Waktu yang juga merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa adalah waktu di sela-sela adzan dan iqamah.Rasulullah bersabda: "Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak" (HR. Tirmidzi, 212, ia berkata: "Hasan Shahih").

6. Sujud di Dalam Shalat
Waktu lain yang Rasulullah anjurkan untuk kita berdoa adalah ketika kita sedang sujud dalam Shalat. Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda: "Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya adalah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu" (HR. Muslim, no.482.


7. Sebelum Salam pada Shalat Wajib
Sesuai sabda Rasulullah: "Ada yang bertanya: Wahai Rasulullah, kapan doa kita didengar oleh Allah? Beliau bersabda: "Di akhir malam dan di akhir shalat wajib" (HR. Tirmidzi, 3499). Ibnu Qayyim Al Jauziyyah menjelaskan bahwa yang dimaksud akhir Shalat wajib adalah ketika sebelum salam.

8. Hujan Turun
Ketika hujan turun, ada baiknya kita memanjatkan doa karena ini adalah salah satu waktu yang mustajab. Rasulullah bersabda: "Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun" (HR Al Hakim, 2534, dishahihkan Al Albani di Shahih Al Jami', 3078).

9. Hari Jum'at
Rasulullah SAW juga memberi anjuran untuk memanjatkan doa di hari jumat. Hal ini karena hari jumat memiliki kemuliaan dan keberkahannya tersendiri yang membedakannya dengan hari lainnya.

10. Hari Arafah

Ini merupakan hari ketika jamaah haji melakukan wukuf di Arafah, yaitu tanggal 9 Dzulhijjah. Rasulullah SAW bersabda: "Doa yang terbaik adalah doa ketika hari Arafah" (HR. At Tirmidzi, 3585. Disahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi).

Baca juga: Bacaan Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir (Tulisan Arab, Latin, dan Terjemahnya)

Baca juga: Kunci Jawaban Lks Bahasa Jawa Kelas 5 Semester 2, Hadirkan Ragam Bacaan

Baca juga: Contoh Soal Tajwid Untuk Pemula, Lebih Mudah Memahami Hukum Bacaannya

Sumber:

UPDATE TERBARU