Sunday 19th of May 2024

Kurikulum Pondok Pesantren Baitul Hidayah Bandung, Miliki Sistem Pendidikan Mirip Gontor

×

Kurikulum Pondok Pesantren Baitul Hidayah Bandung, Miliki Sistem Pendidikan Mirip Gontor

--

Lokasi Pondok Pesantren Baitul Hidayah

Pondok Pesantren Baitul Hidayah terletak di Bukit Panyandaan, Mandala Mekar, Kec. Cimenyan, Bandung. Adapun nomor teleponnya +628 212 7777 949.

Baca juga: Biaya Pendidikan Pondok Pesantren Ar Ridho Sentul Bogor Tahun Ajaran Baru 2023/2024


Baca juga: Profil Pondok Pesantren Daarut Tauhid Bandung, Lembaga Dakwah Tauhid Demi Generasi Ahli Dzikir dan Fikir

Baca juga: Pendaftaran Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Tahun 2023, Ikuti Prosedur dan Persyaratan yang Ditentukan

Kurikulum Pendidikan Pondok Pesantren Baitul Hidayah

Untuk kurikulum pondok pesantren juga sama persis dengan Gontor menganut sistem kurikulum KMI. Model ini sudah menggabungkan antara unsur pendidikan agama dan umum dalam metode kelas, klasikal. Bukan pendidikan formal di kelas, agama dengan sorogan dan bandongan.

Kelebihan sistem ini yaitu bagaimana efektivitas pembelajaran antara agama dan umum berjalan selaras. Materi pokok seperti IPA, Matematika, dan lain sebagainya sudah dipelajari, tapi tidak dituntut terlalu banyak sehingga melupakan pendidikan agama Islam.

Sehingga, masih bernama pesantren bukan boarding school. Ijazahnya juga mandiri, yaitu ijazah mu’adalah seperti Pesantren Gontor, Sidogiri Pasuruan, juga pesantren besar lain yang memiliki kurikulum mandiri. Karena jangan sampai kurikulum mengganggu kegiatan di asrama yang berbasis pesantren.

Santri diterima dari jenjang selepas SD dan SMP atau sederajat. Santri putra atau putri yang dari SD akan menikmati pendidikan enam tahun, dari kelas satu hingga enam. Sedangkan yang SMP empat tahun. Jenjangnya kelas 1, 3, 5, dan 6.

Sumber:

UPDATE TERBARU