Wednesday 29th of May 2024

Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo Magelang: Profil, Alamat Lokasi, dan Jenjang Pendidikan

×

Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo Magelang: Profil, Alamat Lokasi, dan Jenjang Pendidikan

--

Jenjang Pendidikan Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API)

Pendidikan Formal

SMP, SMA, dan SMK Syubbanul Wathon. SMP SMK SMA SMK Syubbanul Wathon adalah sebuah lembaga pendidikan kejuruan di lingkungan Pesantren salafiyyah API Tegalrejo Magelang yang bergerak di bidang IT (Information Technologi) dan dikelola oleh Yayasan Syubbanul Wathon.


Baca juga: Pondok Pesantren Al Huda Makassar: Profil, Alamat, dan Jenjang Pendidikan

Baca juga: Biaya Pendidikan Pondok Pesantren Al Mubaarok Manggisan Wonosobo Tahun Ajaran Baru 2023/2024 Untuk Santri Putra dan Putri

Baca juga: Biaya Pendidikan Pondok Pesantren Ulumul Quran Depok Tahun Ajaran Baru 2023/2024 Untuk Semua Jenjang

SMK berbasis pesantren yang terletak dikaki gunung merapi ini merupakan sebuah wujud kepedulian pesantren API Tegalrejo akan pentingnya pengembangan keilmuan yang mengedepankan akhlaqul karimah.

Pendidikan Salaf

Adapun program pendidikan (salaf) yang diselenggarakan sejak dahulu menggunakan sistem klasikal. Bentuk pendidikan yang ada berupa madrasah yang terdiri dari 7 kelas. Kurikulum yang dipakai di kelas 1 sampai kelas terakhir secara berjenjang mempelajari khusus ilmu agama, baik itu fikih, aqidah, akhlaq, tasawuf dan ilmu alat (nahwu dan sharaf) yang semuanya dengan kita berbahasa Arab.

Kitab-kitab yang diajarkan di bidang fikih antara lain safinatun- Najah, fathul Qarib, Minhajul Qowim, Fathul Wahhab, al- Mahalli, Fathul Mu’in, dan Uqdatul-Farid. Di bidang ushul fiqh antara lin Faraidul – Bahiyah. Di bidang tauhid antara lain ‘Aqidatul ‘Awam.

Dan dibidang akhlaq / Tasawwuf antara lin kitab Ihya Ulumuddin. Kelas satu sampai dengan tujuh di PP Tegalrejo, oleh masyarkat lebih dikenal dengan nama kitan yang dipelajari , seperti di tingkat I dikenal Jurumiyah Jawan, tingkat II dengan nama Jurumiyah, tingkat III dengan nama Fathul Qarib, tingkat IV dengan Alfiyah, tingkat V dengan Fathul Wahab, tingkat VI dengan Al Mahalli, tingkat VII dengan Fathul Mu’in dan di tingkat VIII dengan Ihayah Ulumuddin.

Sumber:

UPDATE TERBARU