Tuesday 30th of April 2024

Proses Terjadinya Dispersi Cahaya yang Menimbulkan Fenomena Seperti Pelangi 7 Warna

×

Proses Terjadinya Dispersi Cahaya yang Menimbulkan Fenomena Seperti Pelangi 7 Warna

--

ASCOMAXX.com – Ada banyak sekali fenomena yang terjadi di dunia tempat kita hidup. Salah satunya adalah fenomena dispersi cahaya. Pengertian dispersi cahaya secara garis besar merupakan fenomena dari kecepatan fase pembiasan oleh gelombang dan frekuensi.

Contoh yang paling sering ditemui adalah pelangi. Lantas apa sih sebenarnya pengertian dari fenomena dispersi cahaya ini dan bagaimana proses terjadinya? Yuk cek penjelasan selengkapnya di sini, ya biar tak ketinggalan!


Baca juga: Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 4 Surabaya Jelaskan Kedatangan Siswanya Ke Jepang, Ungkap Kegiatan Study Exchange

Baca juga: Jalur Zonasi PPDB Surabaya Tahun Ajaran 2023/2024 Dibagi 2, Dispendik Jelaskan Alasannya

Baca juga: Jelaskan Pengertian Olah Data Non Interpretasi! Pengertian dan Penjelasan Lengkap

Fenomena dispersi cahaya ini, merupakan proses dari penguraian cahaya polikromatik atau yang biasa kita sebut putih. Yang mana usai terjadinya penguraian tersebut maka akan mendapatkan hasil cahaya monokromatik. 

Yang mana monokromatik adalah warna yang terdiri dari merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Maka bisa kita simpulkan bahwa dari satu cahaya putih. Hal ini bisa terjadi karena sebuah prisma atau kisi-kisi yang membantunya. Cek slide selanjutnya>>>

Sumber:

UPDATE TERBARU