Thursday 2nd of May 2024

Mengenal Hadits Hasan: Pengertian, Macam-Macam, Syarat, Hukum dan Contohnya

×

Mengenal Hadits Hasan: Pengertian, Macam-Macam, Syarat, Hukum dan Contohnya

--

ASCOMAXX.com - Disini kita akan membahas mengenai Hadits Hasan yang akan kita rangkum di bawah ini. Langsung saja simak  pembahasannya berikut ini.

Hadis secara harfiah berarti "berbicara", "perkataan" atau "percakapan". Dalam terminologi Islam istilah hadis berarti melaporkan, mencatat sebuah pernyataan dan tingkah laku dari Nabi Muhammad.


Menurut istilah ulama ahli hadis, hadis yaitu apa yang diriwayatkan dari Nabi, baik berupa perkataan, perbuatan, ketetapannya (bahasa Arab: تقرير, translit. taqrīr), sifat jasmani atau sifat akhlak, perjalanan setelah diangkat sebagai Nabi (bahasa Arab: بعثة) dan terkadang juga sebelumnya, sehingga arti hadis di sini semakna dengan sunnah.

Baca juga: Sejarah Singkat Pondok Pesantren Bin Baz Yogyakarta, Lembaga Pendidikan Islam Populer Sejak Tahun 1993

Baca juga: Persamaan Nama Nabi-Nabi Dalam Islam dan Kristen yang Wajib Kamu Tahu, Ada yang Beda Jauh

Baca juga: Profil Pondok Pesantren As'adiyah Sengkang, Wajo, Lembaga pendidikan Islam Tertua di Sulawesi Selatan

Makna cinta dalam islam sendiri sangatlah suci. Cinta haruslah didasari oleh kasih sayang dan dibuktikan dengan perbuatan. Dan apa- apa yang kita cintai di bumi ini haruslah karena Allah Ta'ala. Sangat tidak baik, bahkan berbahaya jika kita mencintai hanya karena nawa nafsu.

Pengertian Hadits Hasan

1. Menurut At-Tirmidzi

كل حديث يُروى لا يكون في إسناده من يتَّهم بالكذب، ولا يكون الحديث شاذًّا، ويُروى من غير وجه نحو ذاك

”Setiap hadits yang diriwayatkan dan tidak terdapat pada sanadnya perawi yang pendusta dan hadits tersebut tidak syadz, serta diriwayatkan pula melalui jalan yang lain.”

Sumber:

UPDATE TERBARU