Monday 29th of April 2024

Tenaga Endogen Pembentuk Bukit Barisan di Pulau Sumatera, Ini Dia Prosesnya!

×

Tenaga Endogen Pembentuk Bukit Barisan di Pulau Sumatera, Ini Dia Prosesnya!

--

ASCOMAXX.com – Bingung dengan proses pembentukan tenaga endogen? Nah, kamu sudah berada di artikel yang tepat! Berikut ini adalah informasi mengenai tenaga endogen pembentuk Bukit Barisan di Pulau Sumatera yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki ratusan pulau dari Sabang hingga merauke. Di antara pulau-pulau tersebut, terdapat beberapa pulau besar, yang mana salah satunya adalah Pulau Sumatra.


Baca juga: Bahasa-Bahasa Daerah di Pulau Sumatera, Ternyata Tak Hanya Melayu dan Batak

Baca juga: Kerajaan Bahari di Pulau Sumatera Adalah? Berikut Penjelasannya Lengkapnya

Baca juga: Cara Masyarakat Memanfaatkan Sumber Daya Alam di Pulau Sumatera Antara Lain?

Pulau Sumatera dikenal sebagai pulau besar ketiga di Indonesia. Pulau ini juga menempati posisi keenam sebagai pulau terbesar di Asia Tenggara. Sangat menakjubkan bukan?

Pulau Sumatera memiliki luas mencapai 473.481 Km². Dari luas tersebut, ada 9 provinsi yang berdiri, antara lain Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Lampung.

Pulau Sumatera sendiri berada di 0° Lintang Utara (LU) dan 120° Bujur Timur (BT). Dataran ini memiliki iklim tropis sehingga hidup berbagai binatang khas, seperti Harimau Sumatera, Badak Sumatera, hingga Gajah Sumatera.

Sumber:

UPDATE TERBARU