Tuesday 14th of May 2024

Tenaga Endogen Pembentuk Bukit Barisan di Pulau Sumatera, Ini Dia Prosesnya!

×

Tenaga Endogen Pembentuk Bukit Barisan di Pulau Sumatera, Ini Dia Prosesnya!

--

Baca juga: Cara Mabar Pou Jarak Jauh yang Ternyata Gratis, Cukup Ikuti Cara di Bawah Ini Buat Reunian Bestiemu

Baca juga: Ini Frekuensi Channel RCTI 2023 Wilayah Jawa Timur, Lengkap Cara Settingnya


Baca juga: Daftar Pemeran Film An Affair to Forget (2022), Nikah Dengan Artis yang Hobi Selingkuh, Kehidupan Pengacara Ini Hancur Lebur

Salah satu bentang alam yang populer dari pulau ini adalah Bukit Barisan. Bukit ini terlihat seperti jajaran gunung yang melintasi Pulau Sumatera. Lantas, bagaimanakah proses terbentuknya?

Tentang Bukit Barisan

Dilansir dari berbagai sumber, pegunungan Bukit Barisan merupakan sebuah rangkaian atau jajaran gunung yang membentang sepanjang 1.650 kilometer dari ujung utara (Aceh) sampai ujung selatan (Lampung) di pulau Sumatra. T

Diketahui terdapat 40 gunung di Bukit Barisan. Barisan guung tersebut mulai dari Gunung Bandahara di Aceh Tenggara sampai dengan Gunung Tanggamus di Lampung.

Proses Pembentukan Bukit Barisan

Tenaga endogen pembentuk bukit barisan di Pulau Sumatera berupa kegiatan tektonisme. Proses pembentukannya sendiri dimulai dari peristiwa bertumbuknya dua lempeng, antara lempeng Hindia-Australia dengan lempeng Eurasia.

Proses tersebut terjadi sekitar 45,6 juta tahun lalu yang mengakibatkan rangkaian sistematis dari pergerakan relatif lempeng-lempeng disertai dengan perubahan kecepatan relatif antar lempeng.

Sumber:

UPDATE TERBARU