Monday 10th of June 2024

7 Nilai Kehidupan Dalam Serial Umar bin Khattab (Omar), Umat Islam Harus Nonton Kisahnya

×

7 Nilai Kehidupan Dalam Serial Umar bin Khattab (Omar), Umat Islam Harus Nonton Kisahnya

--

7 Nilai Kehidupan Dalam Serial Umar bin Khattab (Omar)

1. Kepemimpinan Umar bin Khattab yang Patut Jadi Contoh

Umar bin Khattab ketika masih remaja yang sedang mengembala kambing ayahnya yaitu Khattab ibn Nufayl. Umar dikenal sebagai pribadi yang tegas tetapi memiliki hati yang lembut yang membuatnya disegani masyarakat Mekkah.


2. Umar Membawa Revolusi dan Kemajuan Untuk Islam

Serial Omar ini menggambarkan jelas penyebaran Islam awalnya dilakukan secara sembunyi-sembunyi karena belum banyak pengikut Islam juga disebabkan oleh kebijakan pemimpin Quraisy yang sebagian masih kafir dan memusuhi ajaran Islam yang dibawa Rasulullah.

3. Gigih menyebarkan Islam 

Pemimpin Quraisy yang memiliki kekuatan tidak segan menghukum anggota keluarga atau budaknya yang ketahuan memeluk Islam. Mereka bahkan berani menyiksa dan membunuh budak yang memeluk Islam. Dengan keberanian Umar kita bisa mendapatkan kebebasan beragama seperti sekarang.

4. Kisah Umar bin Khattab Dalam Menerima Hidayah Allah

Umar bin Khattab awalnya menentang Islam di masa awal kenabian Muhammad SAW. Namun Umar tidak setuju dengan penyiksaan yang dilakukan pemimpin Quraisy. Menurut Umar, tindakan tersebut justru memperkuat iman dari kaum muslim.

Suatu ketika saat hendak masuk ke rumah, beliau mendengar saudarinya yaitu Fatima, membaca ayat Al-Qur’an. Umar yang mengetahui hal tersebut menjadi marah bahkan menampar Fatima. Umar yang menemukan lembaran ayat Al-Qur’an surat At-Thoha langsung membacanya dan tiba-tiba membuatnya tertegun dan kagum. Saat itu beliau meyakini kebenaran ajaran Rasulullah dan langsung menyatakan masuknya ia ke Islam di rumah Muhammad SAW.

Baca juga: Fenomena Childfree Dalam Pandangan Hukum Islam, Berikut Tanggapan dari Ulama Fiqih

Baca juga: Apa Itu Haji Kecil? Ini Artinya, Nama Lain Dari Ibadah Umroh Dalam Islam Untuk Menambah Pengetahuanmu

Sumber:

UPDATE TERBARU