Friday 17th of May 2024

Pondok Pesantren Sunan Ampel Jombang: Profil, Alamat Lokasi, dan Jenjang Pendidikan

×

Pondok Pesantren Sunan Ampel Jombang: Profil, Alamat Lokasi, dan Jenjang Pendidikan

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai profil Pondok Pesantren Sunan Ampel Jombang yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Berdasarkan beberapa sumber, pondok pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kiai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri.


Baca juga: Profil Pondok Pesantren Sunan Ampel Kediri, Didirikan oleh Abuya Dr. KH. Anis Humaidi, M. Ag. dan Umi Hj. Najihatul Fadhliyah, M.Pd.I

Baca juga: Sejarah Singkat Pondok Pesantren Mambaul Ulum Paiton Probolinggo, Turut Serta Mempersiapkan Kader Islami

Baca juga: Biaya Pendidikan Pondok Pesantren Al Ukhuwah Sukoharjo Tahun Ajaran Baru 2023/2024 Untuk Santri Putra dan Putri

Santri tersebut berada dalam kompleks yang juga menyediakan masjid untuk beribadah, ruang untuk belajar, dan kegiatan keagamaan lainnya. Biasanya, area kompleks dikelilingi oleh tembok untuk dapat mengawasi keluar masuknya para santri sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sekilas Tentang Pondok Pesantren Sunan Ampel

Melansir dari berbagai sumber, pondok ini didirikan oleh KH. Mahfudz Anwar ( Putra dari KH. Anwar : Pendiri Pondok tarbiyatun Nasyi’in Pacul gowang Jombang ) dengan Istri Tercintanya Hj. Abidah ( Putri KH. Ma’shum Ali menantu KH. Hasyim Asy’ari dengan Putrinya Hj. Koiriyah hasyim ).

KH. Mahfudz ( Selanjutnya di tulis mahfudz muda.red ) menamatkan sekolah dasarnya di pesantren Ayahnya sendiri di Paculgowang, kemudian melanjutkan ke Pondok Tebuireng berguru kepada Hadrotus Syaikh KH. Hasyim Asy’ari mulai dari Shifir awal, tsani, 1 sampai 6. Jadi Beliau di Tebuireng selama 8 tahun.

Sumber:

UPDATE TERBARU