Sunday 16th of June 2024

Sejarah Singkat Pondok Pesantren Mambaul Ulum Jembrana, Jadi Ponpes Tertua di Pulau Bali

×

Sejarah Singkat Pondok Pesantren Mambaul Ulum Jembrana, Jadi Ponpes Tertua di Pulau Bali

--

Lokasi Pondok Pesantren Mambaul Ulum

Pondok Pesantren Mambaul Ulum berada di Jalan. Gn. Agung Gg. XVI Nomor. 11, Loloan Timur, Kec. Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

Baca juga: Kumpulan Hadits Pendek dan Artinya Tentang Kehidupan dalam Islam, Dikutip Dari Dalam Ayat Al-Quran dan HR. Muslim


Baca juga: 4 Rekomendasi Aplikasi Pencari Jodoh Untuk Muslim, Cocok Untuk Kaum Single yang Siap Menikah!

Baca juga: Contoh Pidato Bahasa Arab Singkat Tema Nilai Waktu dalam Kehidupan Seorang Muslim Beserta Artinya Bahasa Indonesia

Sejarah Pondok Pesantren Mambaul Ulum

Perjalanannya dimulai saat KHR. Ahmad al- Hadi diperintahkan untuk menemui seorang santri yang bernama Tuan Guru Haji (TGH) Muhammad di Loloan Timur, Jembrana.

Dalam sejarah syiar Islam, TGH Muhammad termasuk seorang perintis dakwah di Bali. Tempatnya mengajar adalah Masjid Baitul Qadim, yang tidak lain masjid tertua di seluruh Jembrana. Kelak, di sanalah KH Ahmad al-Hadi mendirikan madrasah pertamanya.

Setelah bertemu dengan TGH Muhammad di Bali, KH. Ahmad al-Hadi menyampaikan salam Saikhona Kholil Bangkalan kepadanya. Setelah menjawab salam tersebut, ulama asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu pun bersyukur.

Hal di atas dikerenakan gurunya telah mengirimkan seorang pengganti untuk meneruskan dakwah Islam di Bali. Apalagi, pada saat itu mubaligh yang lama berkiprah di Jembrana itu sedang sakit.

Sumber:

UPDATE TERBARU