Wednesday 8th of May 2024

Sejarah Bendungan Kedung Ombo, Pembangunannya Makan Biaya Fantastis Bikin indonesia Menerima Suntikan Dana Bank Dunia

×

Sejarah Bendungan Kedung Ombo, Pembangunannya Makan Biaya Fantastis Bikin indonesia Menerima Suntikan Dana Bank Dunia

--

Sejarah Bendungan Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo merupakan bendungan terbesar yang pernah dibangun dan memiliki wilayah yang asri. Pembangunannya dimulai pada tahun 1980 oleh pemerintah dan rampung pada tahun 1991.

Proses penyelesainnya cukup lama, yakni memakan sekitar 11 tahun, namun sudah mulai digenangi air sejak tanggal 14 Januari 1989.


Kala itu Indonesia mendapatkan suntikan dana dari berbagai investor di antaranya USD 156 juta dari Bank Dunia, USD 25.2 dari Bank Exim Jepang, dan juga APBN Indonesia.

Baca juga: Potret Bendungan Ladongi Sulawesi Selatan, Wisata Air Ciamik yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

Baca juga: Wisata Bendungan Sigura Gura yang Suguhkan Bentang Alam Eksotis di Sekitar Danau Toba: Cek Harga Tiket dan Lokasinya di Sini

Baca juga: Wisata Bendungan Sindangheula: Lokasi dan Rute, Harga Tiket, Berikut Jam Operasionalnya

Untuk membangun fasilitas ini sekitar 5.268 keluarga kehilangan tanahnya demi pembangunan waduk ini. Hingga terjadi peristiwa penolakan penggusuran dan pemindahan lokasi pemukiman karena jumlah ganti rugi yang diberikan terbilang kecil.

Karena perinstiwa ini disebut dengan Kasus Kedung Ombo hingga meledak di media massa kala itu dna membuat pembangunan waduk ini cukup lama. Hingga pada akhirnya waduk Kedung Ombo diresmikan pada tanggal 18 Mei 1991 oleh Presiden Soeharto.

Menarik bukan? Sekian informasi terbaru mengenai sejarah dari Bendungan Kedung Ombo yang menarik utnuk dipelajari, jangan kupa masukkan ke bucket list wisatamu, ya!

Sumber:

UPDATE TERBARU