Saturday 18th of May 2024

Pondok Pesantren Al Anwar Rembang: Profil, Alamat, Sejarah, dan Fasilitas Ponpes

×

Pondok Pesantren Al Anwar Rembang: Profil, Alamat, Sejarah, dan Fasilitas Ponpes

--

Lokasi Pondok Pesantren Al Anwar

Pondok Pesantren Al Anwar sendiri berlokasi di Karangmangu, bagian dari kecamatan Sarang kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Kode Pos : 59274.

Baca juga: Doa Minta Jodoh Terbaik dari Allah Swt Dalam Ajaran Islam, Pasangan Sehidup Sesyurga


Baca juga: Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Daarul Rahman Jakarta, Turut Ikuti kemajuan Teknologi dan Berpegang Teguh Pada Ilmu Agama Islam

Baca juga: Tujuan Irama Shaba dalam Membaca Al Qur'an, Ada 4 Hal yang Harus Umat Islam Tahu!

Sejarah Singkat Pondok Pesantren Al Anwar

Pondok Pesantren Al-Anwar adalah pondok murni yang dirintis oleh Syaikhina KH. Maimoen Zubair, bukan merupakan pondok peninggalan atau warisan. Sepulangnya beliau dari study di Makkah al-Mukarromah, banyak santri yang berdomisili di pesantren Sarang yang berkeinginan untuk belajar kepadanya.

Pada tahun 1967 dibangunlah sebuah musholla sederhana yang terletak di muka ndalem beliau sebagai tempat untuk para santri yang mengaji. Di sinilah awal mula PP. Al Anwar.

Melihat besarnya antusias dari para santri yang berkeinginan nyantri dan khidmat kepada beliau, maka dengan bangunan seadanya musholla tersebut dijadikan sebagai pondok. Bangunan sederhana tersebut mereka gunakan untuk menginap sekaligus untuk tempat mengaji dan khidmah kepada syaikhina KH. Maimoen Zubair.

Pondok yang diasuh putra KH. Zubair ini diberi nama POHAMA yang merupakan singkatan dari Pondok Haji Maimoen. Lalu, selang beberapa tahun untuk mengenang Abah beliau KH. Zubair Dahlan yang sebelum menunaikan ibadah haji bernama KH. Anwar maka nama POHAMA dirubah menjadi Pondok Al-Anwar.

Sumber:

UPDATE TERBARU