Sunday 28th of April 2024

Contoh Pupuh Balakbak Beserta Artinya Bahasa Indonesia, Mirip Dengan Puisi Umum!

×

Contoh Pupuh Balakbak Beserta Artinya Bahasa Indonesia, Mirip Dengan Puisi Umum!

--

ASCOMAXX.com - Bahasa sunda merupakan sebuah bahasa daerah yang berasal dari Jawa Barat. Belajar bahasa Sunda dan artinya sangatlah menarik untuk dipelajari serta dipraktikkan dalam pergaulan sehari-hari. Bahasa Sunda adalah bahasa yang digunakan oleh masyarakat suku Sunda di bagian barat Pulau Jawa.

Nah berikut ini akan kami sampaikan padamu mengenai Contoh Pupuh Balakbak Beserta Artinya Bahasa Indonesia yang akan kami sampaikan padamu kali ini, langsung saja cek di bawah ini ya.


Baca juga: Kalimat dari Kata Leungit Bahasa Sunda, Berikut Arti dan Penjelasan Singkatnya

Baca juga: Kumpulan Puisi Bahasa Sunda Berbagai Tema dan Terjemah Bahasa Indonesianya

Baca juga: Contoh Gaya Basa Sindir Bahasa Sunda dan Pengertiannya Dalam Bahasa Indonesia, Sama Seperti Kalimat Sindiran Biasa

Puisi pupuh balakbak memiliki ciri ciri yaitu baris-barisnya yang pendek dan samar. Mereka sering kali memiliki makna tersembunyi, yang sulit diuraikan. Ungkapan “pupuh balakbak aya monyet” dianggap sebagai salah satu makna tersembunyi ini. Diyakini melambangkan gagasan bahwa pengetahuan itu seperti monyet, sulit untuk dipertahankan.

Pengertian Pupuh Balakbak

Pupuh ini menggambarkan candaan, komedi, dan guyonan tentang kehidupan sehari-hari. Satu bait Pupuh Balakbak mengandung 3 bait dengan guru wilangan dan guru lagu 15é, 15é, 15é

(Menggambarkan rasa suka bercanda, komedi, berkelakar) 
Di bangun oleh 3 (tiga) padalisan Guru lagu dan guru wilangan nya  (15-é, 15-é, 19-é). 
Pupuh Balakbak 
Sasmita:  balak, balakbak, melak 
Laras: nyorog 

Sumber:

UPDATE TERBARU