Friday 3rd of May 2024

15+ Contoh Kecap Panganteur Bahasa Sunda dan Terjemahannya Dalam Bahasa Indonesia

×

15+ Contoh Kecap Panganteur Bahasa Sunda dan Terjemahannya Dalam Bahasa Indonesia

--

ASCOMAXX.com – Melalui artikel berikut ini akan kami sampaikan informasi terbaru mengenai 15 contoh kecap panganteur bahasa Sunda dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Cek pembahasan lengkapnya di sini.

Bahasa Sunda merupakan sebuah bahasa dari cabang Melayu-Polinesia dalam rumpun bahasa Austronesia. Bahasa ini umumnya dituturkan oleh penduduk bersuku Sunda di wilayah bagian barat pulau Jawa. Kini, bahasa Sunda menjadi pelajaran wajib yang diajarkan guna meningkatkan keterampilan anak didik untuk berbahasa.


Bahasa Sunda menjadi salah satu mata pelajaran yang ada di jenjang SD di wilayah Jawa Barat. Mata pelajaran ini dajarkan khususnya pada kelas 5. Setiap semesternya, Bahasa Sunda akan dibuat ujian untuk mengukur kemampuan siswa. Salah satu bahan ujiannya adalah membuat stiker hemat energi bahasa sunda.

Baca juga: Contoh Mantra Bahasa Sunda Dipercaya Ampuh, Mulai Mengusir Musuh Hingga Roh Halus!

Baca juga: Pengertian Mantra Bahasa Sunda Beserta Jenis-jenis Lengkapnya!

Baca juga: Not Suling Sunda 6 lubang Lagu Bubuy Bulan, Bisa Langsung Kamu Mainkan Sekarang Juga!

Dalam bahasa Sunda dikenal istilah kecap panganteur. Kecap artinya kata, panganteur artinya pengantar. Jika diubah jadi bahasa Indonesia jadi kata pengantar, tapi ini bukan seperti kata pengantar buku atau makalah.

Apa yang dimaksud dengan kecap panganteur adalah kata yang berfungsi mengantarkan kata kerja atau kata lainnya dalam perkataan/ percakapan. Kata yang diantarkan pada umumnya merupakan kata kerja, sedangkan kata yang menjadi kecap panganteur sendiri sulit diartikan ke dalam bahasa Indonesia.

Masyarakat sunda umumnya mengucapkan secara lengkap kecap panganter dengan kata yang diantarkannya. Tetapi adakalanya hanya mengucapkan kecap panganteurnya saja.

Sumber:

UPDATE TERBARU