Thursday 25th of April 2024

Contoh Gaya Basa Sindir Bahasa Sunda dan Pengertiannya Dalam Bahasa Indonesia, Sama Seperti Kalimat Sindiran Biasa

×

Contoh Gaya Basa Sindir Bahasa Sunda dan Pengertiannya Dalam Bahasa Indonesia, Sama Seperti Kalimat Sindiran Biasa

--

ASCOMAXX.com – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata sindiran adalah perkataan (gambar dan sebagainya) yang bermaksud menyindir orang. Arti lainnya dari sindiran adalah celaan (ejekan dan sebagainya) yang tidak langsung. Contoh: Gambar sindiran.

Selain sindiran dalam bahasa Indonesia, kalimat sindiran juga di ucapkan dengan menggunakan bahasa sunda.Bahasa Sunda adalah salah satu bahasa daerah yang cukup populer di Indonesia. Selain karena berasal dari salah satu suku yang cukup besar di Indonesia, Bahasa Sunda memang menarik untuk dipelajari, baik itu dari segi logat dan juga cara pengucapannya.


Nah maka dari itu akan kami sampaikan mengenai Contoh Gaya Basa Sindir dan Pengertiannya Dalam Bahasa Indonesia yang semoga bisa menambah kosakata bahasa sundamu.

Baca juga: 5 Metode Padika Biantara yang Harus Kamu Tau, Sampaikan Pidato Bahasa Sunda dengan Baik

Baca juga: Kumpulan Dongeng Si Kancil Bahasa Sunda Penuh Pesan Moral, Cocok Dibaca Bersama Anak Sebelum Tidur

Baca juga: 5 Metode Padika Biantara yang Harus Kamu Tau, Sampaikan Pidato Bahasa Sunda dengan Baik

Sindir-menyindir sudah menjadi sebuah fenomena lumrah dan sangat wajar dalam masyarakat. Hal tersebut sebagai bentuk balasan buat orang yang kelewat batas dalam berbuat atau berkata-kata. Melalui kata-kata sindiran tersebut, bisa membuat orang yang membaca atau teman kamu tersadar atas perbuatan jahatnya.

Dengan melontarkan kata-kata sindiran juga bisa membuat perasaan orang yang melontarkan menjadi lega dan lebih tenang. Sindir merupakan persamaan kata dr kata silib. Kedua kata Sunda tersebut memiliki arti yg sama dgn alegori, yakni ‘menerangkan maksud tak dengan-cara harfiah’

Pengertian sindir yakni majas yg menyatakan maksud tanpa dengan-cara harfiah, tetapi dgn cara lain seperti lewat kiasan atau citra yg mengandung imbas puitis. Nah biasanya kalimat sindiran di gunakan jika kita sedang jengkel namun untuk kata sindiran ini sangat tidak di sarankan untuk digunakan saat iri dan dengki ya.

Sumber:

UPDATE TERBARU