Sunday 19th of May 2024

Fakta Menarik Bendungan Ciawi Jawa Barat, Dam Kering Pertama Indonesia yang Siap Cegah Banjir Jakarta

×

Fakta Menarik Bendungan Ciawi Jawa Barat, Dam Kering Pertama Indonesia yang Siap Cegah Banjir Jakarta

--


1. Jadi Bendungan Kering Pertama Indonesia

Bendungan kering (dry dam) merupakan sebuah bendungan yang dibangun untuk fungsi pengendalian banjir. Reduksi banjir dimulai dari Bendungan Ciawi, lalu Bendungan Sukamahi, Bendungan Katulampa, Pintu Air Depok, sampai dengan Pintu Air Manggarai.

Baca juga: Ini 6 Desa yang Terkena Dampak Letusan Semeru, Membuat 1.979 Jiwa Merapat ke Lokasi Pengungsian


Baca juga: Bendungan Jatigede Sumedang: Profil, Fungsi, Asal-Usul, dan Dampak Sosial Bagi Masyarakat Sekitar

Baca juga: 6 Dampak Positif dari Lingkungan yang Menjadi Area Tambak Ikan bagi Masyarakat Sekitar yang Sangat Signifikan

2. Jadi Janji Presiden Jokowi Sejak 2014

Pada saat masih menjadi Gubernur DKI Jakarta dan hendak melangkah jadi presiden di Indonesia, Presiden Jokowi mengungkapkan kalau banjir akan lebih mudah diatasi bila dirinya presiden.

Alasannya saat itu, Pemprov DKI tidak akan bisa menanggulangi banjir sendiri bila tidak dibantu daerah lainnya. Banjir di ibu kota merupakan kiriman dari daerah-daerah penyangganya.

"Seharusnya lebih mudah. Banjir tidak hanya masalah Jakarta karena 90 persen air yang menggenangi Jakarta justru berasal dari atas (Bogor)," jelas Jokowi pada Maret 2014 silam.

3. Diharapkan Kurangi Banjir Jakarta

Saat peresmian Bendungan Ciawi dan Sukamahi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jokowi berharap bendungan benar-benar mampu mengurangi banjir Jakarta.

Sumber:

UPDATE TERBARU