Tuesday 21st of May 2024

Cara Menghitung Nilai Rata-Rata Ujian Nasional (UN) yang Akurat dan Praktis

×

Cara Menghitung Nilai Rata-Rata Ujian Nasional (UN) yang Akurat dan Praktis

--

Menghitung Nilai Rata-Rata Ujian Nasional 

Nah jika kamu bertanya-tanya mengenai bagaimana cara menghitung nilai rata rata Ujian Nasional maka jwabanny adalah nilai ini dihasilkan dari kompetensi Ujian Nasional yang sudah dilakukan siswa.

Fungsi Nilai UN

1. Pengukur Kemampuan Akademis


UN memang ditujukan untuk mengukur pencapaian siswa tentang akademiknya di sekolah. Nilai rata rata UN akan menjadi cerminan hasil yang sudah kamu dapatkan selama mengikuti pembelajaran di sekolah. 

Baca juga: Contoh Gambar Poster Buang Sampah Pada Tempatnya, Mudah Ditirukan Untuk Tugas!

Baca juga: Kumpulan Soal Latihan Ujian Sekolah TIK Kelas 12 Terbaru, Disertai Kunci Jawaban!

Baca juga: Soal Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 2 , Latihan Untuk Persiapan Ujian

2. Menjadi Syarat Beasiswa

Salah satu syarat beasiswa adalah memiliki daftar nilai yang bagus. Nilai UN adalah salah satu syarat yang bisa dipertimbangkan dalam pelaksanaan seleksi penerimaan beasiswa. Jika memiliki nilai rata rata UN yang bagus, maka besar kemungkinan kamu bisa mendapatkan beasiswa.

3. Mendaftar Perguruan Tinggi Swasta

Pendaftaran PTS tidak hanya membutuhkan biaya, namun juga nilai UN. Biasanya, pihak kampus akan memberikan syarat untuk melampirkan nilai UN dalam pendaftarannya. Jadi, nilai UN akan memiliki peran penting dalam proses seleksi. Namun, hal tersebut hanya berlaku pada PTS yang memang menerapkan sistem ini. 

4. Kuliah di Luar Negeri

Nilai Ujian Nasional memiliki peranan cukup penting. Hal tersebut terjadi karena nilai UN dapat menjadi pertimbangan dalam seleksi perguruan tinggi di luar negeri.

5. Berguna untuk Mendaftar Sekolah Kedinasan

Pada sekolah kedinasan, ada syarat khusus mengenai nilai untuk melakukan pendaftaran. Di mana kamu harus memiliki rata rata nilai UN minimal 70. Jika ingin mendaftar sekolah kedinasan, pastikan untuk memiliki rata rata nilai di atas minimal tersebut. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh meremehkan Ujian Nasional.

Sumber:

UPDATE TERBARU