Friday 10th of May 2024

Cara Menghitung Nilai Rata-Rata Ujian Nasional (UN) yang Akurat dan Praktis

×

Cara Menghitung Nilai Rata-Rata Ujian Nasional (UN) yang Akurat dan Praktis

--

ASCOMAXX.com – Jika kamu sedang mencari informasi tentang pembahasan cara menghitung nilai rata-rata ujian nasional (un) yang akurat dan praktis, berikut ini akan kami berikan informasinya untukmu. Simak selengkapnya di bawah ini.

Ujian Nasional biasa disingkat UN/UNAS adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan di Indonesia sekaligus menguji kemampuan siswa menyerap materi yang diajarkan guru.


Mata pelajaran yang diujikan untuk SMA/MA antara lain adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan satu mapel pilihan sesuai jurusan (IPA/IPS). Sedangkan SMK/MAK; Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Teori Kejuruan.

Baca juga: Lirik Lagu Penyembahan Rohani Kristen Bila Roh Allah ada di dalamku (Pujian), Rasakan Akan Kuasa Tuhan yang Kekal Abadi

Baca juga: Download Soal Latihan Ujian PKK Kelas 11 Semester 2 PDF, Beserta Kunci Jawaban!

Baca juga: Download Kisi-kisi Ujian Sekolah TIK Kelas 12 Terlengkap, Sudah Tersedia Kunci Jawaban!

Sejak 2021, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim resmi mengganti Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Nasional (AN).

Sebelumnya, Ujian Nasional bertujuan menjadi kompetensi lulusan secara nasional dengan Standar Kompetensi Lulusan yang sudah ditetapkan. Lewat UN, jaminan mutu pendidikan di Indonesia akan meningkat. Sehingga, Indonesia memiliki lulusan terbaik dengan nilai yang sesuai standar. 

Dalam ujian ini para peserta didik yang berada di jenjang akhir sekolah, baik menengah pertama maupun menengah atas wajib mengikuti UN. Sistem yang digunakan dalam UN adalah dengan cara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Sumber:

UPDATE TERBARU