Thursday 9th of May 2024

Daftar Pondok Pesantren Tertua di Indonesia, Capai Usia Lebih dari 500 Tahun

×

Daftar Pondok Pesantren Tertua di Indonesia, Capai Usia Lebih dari 500 Tahun

--

2. Pondok Pesantren Luhur Dondong, Semarang berusia 412 tahun

Layanan perpustakaan digital UIN Walisongo, Semarang, menyatakan pondok pesantren ini sebagai yang tertua di Jawa Tengah. Salah satu santrinya KH. Ihsan bin Mukhtar mendirikan pesantren Al-Ishlah.

Baca juga: Nonton Film Missed Connections (2023) Full Movie HD Sub Indo, Kisah Cinta Seorang Gadis dengan Pria dari Aplikasi Kencan


Baca juga: Cara Top Up Aplikasi Heat Up Bisa Pakai DANA, OVO, GoPay, dan ShopeePay

Baca juga: 10 Aplikasi Penambah Like Tiktok Gratis dan Permanen, Ramaikan Unggahanmu Ala Influencer Hits

3. Pondok Pesantren Nazhatut Thullab, Sampang berusia 319 tahun

Pesantren yang sudah melayani masyarakat selama tiga abad ini berdiri pada tahun 1702. Pendirian ponpes berawal dari kisah Babat Tanah Prajjan yang dilakukan Kyai Abdul 'Allam.

4. Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin, Cirebon berusia 306 tahun

Pondok pesantren Babakan Ciwaringin berdiri pada tahun 1705. Ponpes ini didirikan Ki Jatira yang merupakan kiai berdarah Mataram. Nama asli Ki Jatira adalah Syekh Hasanuddin bin Abdul Latif dari Kajen, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon.

5.Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan berusia 276 tahun

Pondok Pesantren Sidogiri merupakan lembaga pendidikan salaf yang fokus pada pembekalan akidah, syariah, dan akhlak. Ponpes ini didirikan Sayyid Sulaiman pada tahun 1745 M atau 1158 H.

Nah, itu dia informasi mengenai daftar pondok pesantren tertua di Indonesia yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan sukses selalu!

Sumber:

UPDATE TERBARU