Monday 17th of June 2024

Daftar Pondok Pesantren Tertua di Indonesia, Capai Usia Lebih dari 500 Tahun

×

Daftar Pondok Pesantren Tertua di Indonesia, Capai Usia Lebih dari 500 Tahun

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai daftar pondok pesantren tertua di Indonesia yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Berdasarkan beberapa sumber, pondok pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kiai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri.


Baca juga: 20 Rekomendasi Layanan Pijat Plus Terdekat di Tangerang 24 Jam, One Call Away Langsung Datang ke Rumah

Baca juga: Klinik Bidan Bersalin Rekomendasi Terdekat Lokasi Saya Saat Ini: Alamat, Kontak Layanan dan Ulasan

Baca juga: Rekomendasi Agen Travel Samarinda-Berau, Beserta Lokasi Lengkap dan Informasi Kontak!

Santri tersebut berada dalam kompleks yang juga menyediakan masjid untuk beribadah, ruang untuk belajar, dan kegiatan keagamaan lainnya. Biasanya, area kompleks dikelilingi oleh tembok untuk dapat mengawasi keluar masuknya para santri sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Daftar Pondok Pesantren Tertua di Indonesia

Indonesia memiliki banyak pondok pesantren yang tersebar di berbagai kota. Nah, pondok pesantren tersebut tentunya ada yang telah berdiri sangat lama. Lantas, manakah yang paling tua?

Berikut ini adalah daftar pondok pesantren tertua di Indonesia yang harus kamu ketahui:

1. Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu, Kebumen berusia 546 tahun

Pondok pesantren ini berdiri pada tahun 1475. Pendirinya adalah Syekh As Sayid Abdul Kahfi Al Hasani dari Hadhramaut, Yaman. Bukti pendirian pesantren terdapat pada prasasti Batu Zamrud Siberia (Emerald Fuchsite) berbobot 9 kg di dalam masjid pondok tersebut.

Sumber:

UPDATE TERBARU