Friday 19th of April 2024

Pengertian Paribasa Pangjurung Laku Hade Dalam Bahasa Sunda Adalah : Contoh Kalimat dan Terjemahan Bahasa Indonesia

×

Pengertian Paribasa Pangjurung Laku Hade Dalam Bahasa Sunda Adalah : Contoh Kalimat dan Terjemahan Bahasa Indonesia

--

ASCOMAXX.com - Peribahasa berawal berupa dongeng-dongeng ataupun petuah-petuah yang berfungsi sebagai salah satu alat penertib masyarakat dan sebagai cara pandang suatu masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Di Indonesia sendiri, untuk setiap suku yang mempunyai bahasa sendiri juga punya peribahasa atau petuah yang telah diwariskan dengan bahasanya masing-masing.Pangjurung laris hade mengandung maksud menyuruh berperilaku baik. Sedangkan panyaram lampah salah mengandung maksud larangan atau melarang bertingkah salah. 

Untuk itu akan kami jelaskan mengenai Pengertian Paribasa Pangjurung Laku Hade beserta contohnya yang semohga ini bisa menambah kosakata bahasa sundamu berikut ini


Baca juga: Contoh Kalimat Gede Hulu Bahasa Sunda, Disertai Terjemahannya

Baca juga: Sawangsulna atau Sami-Sami Dalam Bahasa Sunda, Ternyata Punya Makna Sebaliknya

Baca juga: Contoh Biantara Bahasa Sunda Tema Kehidupan, Penuh Makna dan Motivasi

Peribahasa merupakan pernyataan yang berupa emosi, yakni melalui ungkapan tersurat, untuk menggambarkan emosi, kecewa atau pernyataan ketidakmampuan.

Jika merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), peribahasa merupakan kelompok kata atau kalimat yang tetap susunannya, biasanya mengiaskan maksud tertentu seperti misalnya perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip dan pedoman hidup, aturan tingkah laku hingga pemberi nasihat.

Isi peribahasa Sunda terbagi menjadi tiga kalangan, yakni wawaran luang, pangjurung laku hade, & panyaram lampah salah. Ada juga Wawaran luang mengandung maksud gambaran perilaku baik yg pantas dijadikan tauladan & gambaran perilaku buruk yg jangan ditiru.

Sumber:

UPDATE TERBARU