Friday 19th of April 2024

Kalimat Sisindiran Rarakitan Nyaeta Beserta Fungsi dan Pengertianya : Sindiran Halus yang Berisi 4 Baris Kalimat

×

Kalimat Sisindiran Rarakitan Nyaeta Beserta Fungsi dan Pengertianya : Sindiran Halus yang Berisi 4 Baris Kalimat

--

ASCOMAXX.com – Rarakitan yaitu salah satu jenis pantun Sunda atau sisindiran yg dibangun oleh cangkang (kulit) & eusi (isi). Engang tungtung (ujung suku kata) tiap padalisan (baris) antara kulit & isi mesti murwakanti laraswekas. Untuk jenis jenisnya tentulah sangat beragam terutama penggunaan dan cara bacanya.

Bahasa Sunda termasuk salah satu bahasa daerah tertua yang ada di Indonesia. Hal ini karena Bahasa Sunda merupakan cabang dari Bahasa Melayu-Polinesia dalam rumpun bahasa Austronesia. tentunya ini menjadi sebuah kebanggan karena bahasa Sunda merupakan bahasa yang sangat banyak di pelajari oleh orang yang bukan sunda asli.


Nah makanya pada kesempatan ini akan kami berikan sedikit ilmu mengenai 

Baca juga: Download Banner Kegiatan LDK OSIS Simpel, Mudah Dibuat dan Menarik!

Baca juga: Contoh Kalimat Babasan Sunda Beserta Terjemahan Bahasa Indonesianya, Mirip Seperti Peribahasa Umum

Baca juga: Contoh Soal Matematika Untuk Anak TK Besar, Pengurangan dan Penambahan Mudah!

Jumlah baris rarakitan adalah genap, setengahnya berisi cangkang (kulit) & setengahnya lagi eusi (isi). Namun sisindiran rarakitan lazimnya dibangun oleh 4 baris. Baris pertama & kedua berisi cangkang, baris ketiga & keempat merupakan isi.

Kata rarakitan sendiri mengandung arti seperti rakit atau berpasangan (sarakit = sepasang). Disebut rarakitan karena kata pada awal baris bagian sampiran diulangi atau dipergunakan lagi pada awal baris di bagian isi. Dari sisi isinya, rarakitan dibagi menjadi 3 jenis. Yaitu rarakitan piwuruk, silih asih, & sesebred.

Sumber:

UPDATE TERBARU