Friday 26th of April 2024

Contoh Kalimat Babasan Sunda Beserta Terjemahan Bahasa Indonesianya, Mirip Seperti Peribahasa Umum

×

Contoh Kalimat Babasan Sunda Beserta Terjemahan Bahasa Indonesianya, Mirip Seperti Peribahasa Umum

--

ASCOMAXX.com - Babasan Sunda biasanya bisa dipegang dalam kehidupan sehari-hari karena sangat relevan. Babasan biasanya terdiri atas dua kata. Biasanya babasan sunda menggambarkan kelakuan, perasaan, sifat atau kondisi yang dialami oleh manusia. Babasan diucapkan dalam situasi tertentu sebagai pangeling (pengingat) akan perilaku seseorang.

Babasan jeung Paribasa (Peribahasa) merupakan kekayaan batin orang sunda. Tapi banyak orang sunda saat ini tidak tahu pengertian mengenai babasan atau paribasa yang ditujukan oleh pembicara kepada dirinya. Bahasa sebagai warisan dari nilai-nilai kebudayaan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari hari, karena bahasa merupakan salah satu alat utama yang dipergunakan untuk mewariskan nilai-nilai budaya dalam suatu kelompok masyarakat.


Baca juga: Belajar Rumus Diventri yang Dinobatkan Sebagai Rumus Matematika Tersulit di Dunia

Baca juga: 20 Soal Pembagian Ribuan Bersusun (Porogapit), Lengkap dengan Kunci Jawaban

Baca juga: Kalimat Hatur Nuhun Dalam Bahasa Sunda Beserta Artinya, Sebagai Ungkapan Rasa Terima Kasih Untuk Orang Terdekat

Babasan adalah gabungan kata yang maknanya tidak sama dengan gabungan makna anggota-anggotanya atau kata/frasa yang mengandung arti kiasan. Adapun paribasa adalah kelompok kata atau kalimat yang menyatakan suatu maksud, keadaan seseorang, atau hal yang mengungkapkan kelakuan seseorang kepada kita.

Kata-kata babasan Sunda bisanya lebih pendek dibandingkan paribasa. Babasan biasanya terdiri atas dua kata. Arti atau makna kiasan dr babasan sendiri sudah diketahui bareng ; seperti gedé hulu artinya angkuh.

Babasan Sunda umumnya menggambarkan kelakuan, perasaan, sifat atau kondisi yg dialami oleh insan. Tentunya hal ini bisa menjadi cerminan diri buat kita untuk selalu intropeksi diri di setiap perbuatan yang kita lakukan.

Sumber:

UPDATE TERBARU