Thursday 28th of March 2024

20 Soal Pembagian Ribuan Bersusun (Porogapit), Lengkap dengan Kunci Jawaban

×

20 Soal Pembagian Ribuan Bersusun (Porogapit), Lengkap dengan Kunci Jawaban

--

ASCOMAXX.com - kali ini kita akan mebahas tentang pembagian ribuan bersusun dan jawabannya. Materi pembagian termasuk dalam pelajaran matematika. Pembagian menjadi bahan ajar wajib untuk SD/MI. Berikut ini adalah kumpulan contoh soal porogapit atau pembagian kelas SD/MI untuk bilangan ribuan.

Matematika merupakan bidang ilmu, yang mencakup studi tentang topik-topik seperti bilangan (aritmetika dan teori bilangan), rumus dan struktur terkait (aljabar), bangun dan ruang tempat mereka berada (geometri), dan besaran serta perubahannya (kalkulus dan analisis).


Sebelum membahas mengenai pembagian, perlu diketahui apa itu pembagian bilangan. Pembagian bilangan merupakan proses aritmatika dasar yang mana terdapat satu bilangan dipecah rata maka akan menjadi bilangan yang lebih kecil sesuai dengan bilangan pembaginya.

Baca juga: Contoh Soal Pembagian Ribuan SD/MI, Belajar Porogapit Jadi Lebih Mudah!

Baca juga: Contoh Soal Tes Skolastik di SNBT Masuk Universitas Tahun 2023 : Sudah Sesuai Dengan Kurikulum Merdeka

Baca juga: Download Soal Lomba Calistung Kelas 3 SD/MI Terlengkap Format Doc

Porogapit sendiri adalah penggabungan dua kata yang berasal dari jawa yaitu Poro dan Gapit. Poro yaitu memiliki arti bagi, sedangkan pada gapit memiliki arti billah atau kayu yang biasanya digunakan untuk mengapit.

Nah, dalam matematika porogapit ini bisa diartikan sebagai metode untuk melakukan pembagian sebuah bilangan dengan menggunakan garis penjepit.

Sumber:

UPDATE TERBARU