Saturday 20th of April 2024

Sejarah Pondok Pesantren Assalaam Solo, Merupakan Ponpes Modern dan Favorit

×

Sejarah Pondok Pesantren Assalaam Solo, Merupakan Ponpes Modern dan Favorit

--

Sejarah Pondok Pesantren Assalaam

PPMI Assalaam berdiri pada tanggal 17 Syawal 1402 H bertepatan dengan tanggal 7 Agustus 1982 M, berlokasi di Jalan Yosodipuro No. 56 Punggawan Surakarta menempati tanah seluas 2.845 m, wakaf dari keluarga H. Abdullah Marzuki dan Hj. Siti Aminah Abdullah, pemilik percetakan PT. Tiga Serangkai Solo.

Baca juga: Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam, Solo: Profil Sejarah, Lokasi, dan Sistem Pendidikan


Baca juga: Daftar Pondok Pesantren Modern, Biaya Murah, dan Terbaik di Indonesia, Dapatkan Pendidikan Agama yang Berkualitas!

Baca juga: 5+ Pondok Pesantren Modern Untuk Putri Terbaik di Indonesia, Fasilitas dan Jenjang Pendidikan Lengkap

Sebelum PPMI Assalaam berdiri kegiatan pendidikan yang dilakukan adalah kegiatan Madrasah Diniyyah Awaliyah (MDA), kemudian atas tuntutan masyarakat YMPI mendirikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) dengan sistem asrama yang merupakan awal berdirinya Pondok Modern yang waktu itu diberi nama Pondok Pesantren Punggawan, meminjam nama desa dimana kegiatan pendidikan dipusatkan.

Pada tanggal 20 Juli 1985 nama Assalaam secara resmi digunakan, serta sekaligus menandai awal mula digunakannya kampus baru di desa Pabelan Kartasura Sukoharjo di atas areal tanah wakaf seluas 5,6 Ha dari keluarga H. Abdullah Marzuki (alm) dan Hj. Siti Aminah Abdullah.

Bangunan yang terdapat pada saat itu terdiri dari ruang kelas, gedung olah raga (GOR), asrama santri, perumahan guru dan pengasuh, dapur dll.

Bersamaan dengan hal tersebut didirikan juga Madrasah Aliyah (MA) sebagai kelanjutan dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) Assalaam, serta sebagai jawaban dari tuntutan masyarakat terhadap PPMI Assalaam.

Sumber:

UPDATE TERBARU