Sunday 5th of May 2024

Belajar Simple Past Tense Bahasa Inggris: Rumus, Cara Penggunaan, dan Contoh Kalimatnya

×

Belajar Simple Past Tense Bahasa Inggris: Rumus, Cara Penggunaan, dan Contoh Kalimatnya

--

Bahasa Inggris Materi Grammar Simple Past Tense

Grammar adalah hal penting yang harus dipahami jika ingin menguasai bahasa Inggris. Salah satu grammar yang wajib dipahami sejak tingkat dasar, adalah simple past tense.

Simple past tense merupakan jenis kalimat yang digunakan untuk menceritakan kejadian yang terjadi di masa lampau yang mana telah selesai atau berakhir di masa lampau itu juga. Jadi kita akan menggunakan tenses ini ketika kita menceritakan aktivitas kita yang sudah selesai terjadi di masa lalu.

Ciri-ciri Simple Past Tense


1. Menggunakan verb 2 dari kata kerja regular (regular verb) atau kata kerja irregular (irregular verb) guna menandakan bahwa aktivitas terjadi di masa lampau.

2. Tedapat penggunaan “was” untuk singular pronoun yaitu I, he, she, it dan “were” untuk plural pronoun berupa we, you, they sebagai to be past tense.

3. Memiliki keterangan waktu yang menjelaskan masa lampau seperti last night, yesterday, two weeks ago, three days ago, dan last month.

Baca juga: Contoh Puisi Singkat Tema Cita-citaku Menjadi Dokter : Latih Kemampuan Membaca Puisi Kamu Disini Khusus Pelajar SD

Baca juga: Contoh Puisi Dengan Judul Cita Citaku Menjadi Dokter , Cocok Buat Tugas Sekolah Pelajar SD/MI Hingga SMP!

Baca juga: Pikachu Adalah Sebuah Nama Karakter di Anime Bernama?

Kegunaan Simple Past Tense

  • Untuk menjelaskan kejadian pada masa lampau dan telah selesai dilakukan pada waktu yang ditentukan.
  • Untuk menjelaskan beberapa kejadian atau aktivitas yang telah dilakukan pada masa lalu. 
  • Untuk menceritakan peristiwa yang dimulai dan berakhir pada masa lalu dan biasanya memiliki durasi.
  • Untuk menceritakan kebiasaan yang pernah dilakukan pada masa lalu tetapi sudah tidak dilakukan lagi pada masa sekarang.
  • Untuk menyampaikan fakta atau hal yang umum pada masa lalu dan pada masa ini sudah tidak lagi benar. Fungsi yang ini mirip dengan penggunaan “used to”.

Sumber:

UPDATE TERBARU