Thursday 25th of April 2024

Contoh Puisi Singkat Tema Cita-citaku Menjadi Dokter : Latih Kemampuan Membaca Puisi Kamu Disini Khusus Pelajar SD

×

Contoh Puisi Singkat Tema Cita-citaku Menjadi Dokter : Latih Kemampuan Membaca Puisi Kamu Disini Khusus Pelajar SD

--

ASCOMAXX.com - Puisi biasanya memakai bahasa kiasan supaya puisi terlihat indah serta menarik. Bahasa kiasan bertujuan untuk mengemukakan apa maksud yang diinginkan oleh pengarang puisi. Tak hanya itu, para pembaca puisi juga perlu memperhatikan pemilihan kata yang pas yang bertujuan untuk menghidupkan situasi, menciptakan perasaan, serta memperlihatkan keindahan dari puisi.

Puisi juga bisa digunakan sebagai sarana untuk meluapkan emosi para pembacanya. Dengan kata lain, puisi adalah suatu karya sastra berupa ungkapan isi hati penulis di mana di dalamnya ada irama, lirik, rima, dan ritme pada setiap barisnya. Hal itu menjadi sebuah daya tarik puisi itu sendiri


Pengarang puisi biasanya memakai bahasa kiasan supaya puisi terlihat indah serta menarik. Bahasa kiasan bertujuan untuk mengemukakan apa maksud yang diinginkan oleh pengarang puisi.

Baca juga: 7 Ide Materi Mading Sekolah Tentang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Mulai Puisi Hingga Sejarah!

Baca juga: 3 Macam Tanda Baca Puisi Yang Harus Diketahui oleh Penyair, Mempermudah dan Memperindah Bacaan Puisi

Baca juga: Syair Teks Barzanji Walamma Tamma, Disertai dengan Keutamannya

Puisi mampu mengungkapkan emosi maupun pengalaman penulis yang berkesan kemudian dituangkan dengan gaya bahasa yang berima sehingga semakin menarik untuk dibaca. Puisi tak hanya untuk orang dewasa saja, tapi puisi juga menjadi topik ajaran di sekolah baik sd maupun smp. Yang pastinya topik mengenai cita cita ini sangat cocok untuk digunakan sebagai materi pembelajaran bagi para guru.

Faktor utama membuat puisi adalah penggunaan Diksi, Diksi adalah satu penentuan kata yang pas dalam puisi. Pemilihan kata yang pas yang bertujuan untuk menghidupkan situasi, menciptakan perasaan, serta memperlihatkan keindahan dari puisi. Biasanya Diksi yang dipakai dalam puisi biasanya bersifat kiasan, padat, dan indah.

Sumber:

UPDATE TERBARU