Thursday 2nd of May 2024

Rumus Matematika Materi Mean, Median, Modus Kelas 12 SMA/MK Beserta Fungsi dan Sifatnya Tahun 2023

×

Rumus Matematika Materi Mean, Median, Modus Kelas 12 SMA/MK Beserta Fungsi dan Sifatnya Tahun 2023

--

ASCOMAXX.com – Pengertian mean, median dan modus adalah ukuran pemusatan data dalam ilmu matematika untuk mengetahui nilai rata-rata (mean), nilai tengah (median) dan nilai yang sering muncul (modus). Mata pelajaran matematika dengan materi ini sangat umum di pelajari di sekolah dengan bahan ajar yang sama setiap semesternya.

Nah jadi buat kamu yang sedang mencari soal mengenai contoh soal mean, median, modus untuk kelas 12 maka artikel ini sangatlah pas buat kamu. Berikut ini akan kami sampaikan msengenai contoh soal mean, median, modus kelas 12 yang semoga bisa membantu kamu menyelesaikan soal serupa , maka dari itu simak sampai akhir agar tak ketinggalan info lanjutannya.


Baca juga: Di Bawah Ini Adalah Komponen Aktif Elektronika Dasar, Kecuali? Simak Jawaban Lengkap Berikut Ini!

Baca juga: Unduh RPP Kelas 3 SD/MI Untuk Semester 1 & 2 Terbaru, Lengkap Semua Tema!

Baca juga: Cara Membuat Hiasan Karton di Kelas Dengan Spidol, Ikuti Tutorialnya 5 Menit Jadi

Rumus Mean, Median dan Modus

1. Rumus Mean

Untuk rumus mean ini sendiri pengertiannya adalah nilai rata-rata suatu data. Nilai rata-rata merupakan hasil bagi antara jumlah nilai keseluruhan dengan banyaknya data yang diolah. Rumus yang tepat yang wajib kamu pakai adalah :

Rumus Mean Data Tunggal

Rumus Mean Data Kelompok

2. Rumus Median

Untuk rumus ini kita dapat mengurutkannya dari data terkecil ke data terbesar. Jika banyak data ganjil tentu kita langsung bisa menentukan nilai tengahnya. Berikut ini adalah rumusnya :

Sumber:

UPDATE TERBARU