Friday 3rd of May 2024

Contoh Soal Pertidaksamaan Tiga Variabel dan Pembahasan Lengkap dengan Rumusnya

×

Contoh Soal Pertidaksamaan Tiga Variabel dan Pembahasan Lengkap dengan Rumusnya

--

ASCOMAXX.com - Bagi kalian yang saat ini sedang mencari berbagai contoh soal mengenai Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel beserta pembahasannya yang simple dan mudah dimengerti, berikut ini akan kami bagikan mengenai contoh soal-soal tersebut yang bisa kalian pelajari dan bisa dijadikan acuan dalam pembelajaran.

Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel adalah suatu kumpulan persamaan linear yang mengandung tiga variabel utama, biasanya dilambangkan sebagai x, y, dan z.


Setiap persamaan dalam sistem ini dirumuskan dengan menggunakan koefisien yang dikalikan dengan variabel tersebut dan kemudian dijumlahkan untuk menghasilkan suatu nilai. Tujuan dari sistem persamaan linear tiga variabel adalah untuk mencari solusi yang memenuhi semua persamaan secara bersamaan.

Baca juga: Contoh Harapan di Tahun 2023 Untuk Pelajar SMA Kelas 3, Bisa Untuk Bahan Renungan Menjelang Lulus

Baca juga: Daftar Pembahasan Materi Fisika SMA Kelas 10 Lengkap dengan Isi Tiap Bab

Baca juga: Daftar Materi Matematika Peminatan Untuk SMA Kelas 12 Terbaru, Digunakan sebagai Bahan Ajar Peserta Didik!

Sistem persamaan linear tiga variabel dapat memiliki beberapa kemungkinan solusi. Solusi bisa berupa satu titik, garis, atau bidang dalam ruang tiga dimensi, atau bahkan tidak ada solusi sama sekali.

Untuk menyelesaikan sistem persamaan ini, kita dapat menggunakan metode eliminasi Gauss, metode matriks, atau metode lainnya seperti metode substitusi atau metode determinan.

Contoh sistem persamaan linear tiga variabel adalah:

a₁x + b₁y + c₁z = d₁

a₂x + b₂y + c₂z = d₂

a₃x + b₃y + c₃z = d₃

Dalam sistem ini, a₁, b₁, c₁, d₁, a₂, b₂, c₂, d₂, a₃, b₃, c₃, dan d₃ adalah koefisien atau angka yang diketahui. Tujuan kita adalah untuk mencari nilai x, y, dan z yang memenuhi semua persamaan di atas.

Dari bentuk di atas, x, y dan z merupakan variable atau peubah yang nilainya belum diketahui.

Sedangkan a, b, c, d, e, f, g, h, I, j, k, dan l merupakan bilangan-bilangan real yang sudah diketahui nilainya.

Nah, penyelesaian sistem persamaan linear tiga variable dimaksudkan untuk menemukan nilai x, y, dan z yang memenuhi ketiga persamaan penyusun sistem.

Sumber:

UPDATE TERBARU