Friday 3rd of May 2024

Contoh Soal Pertidaksamaan Tiga Variabel Kelas 10 SMA dengan Berbagai Metode Penyelesaian

×

Contoh Soal Pertidaksamaan Tiga Variabel Kelas 10 SMA dengan Berbagai Metode Penyelesaian

--

ASCOMAXX.com - Pertidaksamaan Tiga Variabel merupakan salah satu materi dalam pelajaran matematika yang diajarkan sejak Sekolah Menengah. Berikut ini akan kami bagikan secara ringkas contoh soal dan pembahasan yang bisa jadi pembelajaran kalian. Simak selengkapnya dibawah. 

Pertidaksamaan tiga variabel adalah bentuk matematika yang menggambarkan hubungan ketidaksetaraan antara tiga variabel atau lebih dalam satu persamaan. Dalam pertidaksamaan tiga variabel, adalah kondisi ketika tiga variabel tersebut memiliki nilai yang memenuhi hubungan ketidaksetaraan yang diberikan.


Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa ketika membahas tentang persamaan linear maka akan berhubungan dengan istilah variabel yang mana istilah tersebut telah dipelajari sejak SMP yang umumnya dinyatakan dengan garis x dan y.

Baca juga: Download Kumpulan Soal Dimensi Tiga Matematika Kelas 12 SMA Terbaru Format PDF!

Baca juga: Download Kumpulan Soal Program Linear Matematika, Disertai Kunci Jawaban dan Pembahasannya

Baca juga: Daftar Materi Matematika Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka Lengkap, Curi Strat Duluan Yuk

Hubungan ini bisa berbentuk ketidaksetaraan lebih besar dari (>), lebih kecil dari (<), lebih besar dari atau sama dengan (≥), atau lebih kecil dari atau sama dengan (≤).

Pertidaksamaan tiga variabel sering digunakan dalam berbagai konteks matematika, ilmu pengetahuan, dan teknik. Mereka dapat digunakan untuk memodelkan situasi yang melibatkan lebih dari dua faktor atau variabel yang memengaruhi hasil suatu permasalahan.

Persamaan linier tiga variabel (x, y, dan z) dapat diwakili dalam bentuk umum sebagai ax + by + cz = d, dengan a, b, c, dan d merupakan bilangan real. Dalam persamaan ini, a disebut sebagai koefisien variabel x, b sebagai koefisien variabel y, c sebagai koefisien variabel z, dan d adalah konstanta. Untuk pemahaman yang lebih baik tentang materi ini, berikut ini adalah contoh soal SPLTV kelas 10 beserta jawabannya yang lengkap, simak sampai habis ya!

Contoh Contoh Soal Pertidaksamaan Linear 3 Variabel

Cara menyelesaikan soal sistem persamaan linear tiga variabel dengan menggunakan metode berikut.

  1. Metode eliminasi
  2. Metode subsitusi
  3. Metode eliminasi-subsitusi
  4. Metode determinan matriks

Sumber:

UPDATE TERBARU