Friday 3rd of May 2024

Kumpulan Kalimat Ngantet Séler-Suméler Beserta Artinya, Pahami Makna dan Pengunaannya Berikut Ini!

×

Kumpulan Kalimat Ngantet Séler-Suméler Beserta Artinya, Pahami Makna dan Pengunaannya Berikut Ini!

--

ASCOMAXX.com - Bahasa Sunda adalah salah satu bahasa daerah yang cukup populer di Indonesia. Selain karena berasal dari salah satu suku yang cukup besar di Indonesia, Bahasa Sunda memang menarik untuk dipelajari, baik itu dari segi logat dan juga cara pengucapannya. 

Bahasa Sunda adalah salah satu bahasa daerah yang cukup populer di Indonesia. Selain karena berasal dari salah satu suku yang cukup besar di Indonesia, Bahasa Sunda memang menarik untuk dipelajari, baik itu dari segi logat dan juga cara pengucapannya. Bahasa Sunda juga nyaris mirip seperti Bahasa Jawa. Yakni memiliki kosakata yang sangat banyak. Di dalam satu kata saja, ada beberapa macam arti.


Baca juga: Kumpulan Contoh Kalimat Nuhun dalam Kehidupan, Yang Punya Pacar Orang Sunda Harus Tau Ya

Baca juga: Kumpulan Contoh Kalimat Pasif Bahasa Sunda, Konsepnya Tak Jauh Beda Dengan Bahasa Indonesia!

Baca juga: Makna Adigung Hartina di Bahasa Sunda, Ketahui Ciri Morfologinya

Kalimah ngantet dlm bahasa Indonesia disebut pula kalimat beragam, yaitu kalimat yg dibangun oleh dua kalimat atau lebih yg disambungkan (dikantétkeun). Kalimat ngantet pula terdiri atas dua jenis; yaitu kalimat ngantet satata (kalimat tunggal setara atau sederajat) & seler-sumeler (kalimat beragam berjenjang).

Pengertian kalimah ngantét satata yakni kalimat beragam yg disusun oleh kalimat-kalimat yg sederahat atau setara. Selain itu ada Kalimah ngantet séler-suméler yakni kalimat majemuk yg disusun oleh kalimah lulugu (utama) & kalimah sélér. Lalu ada juga Kalimat lulugu yakni kalimat yg memiliki pola mirip kalimat salancar. Sedangkan kalimat selerna mempunyai fungsi ngajembaran salah satu elemen kalimat lulugu; bisa jejer/ subjeknya, objeknya, atau keterangannya.

Sumber:

UPDATE TERBARU