Thursday 2nd of May 2024

Kumpulan Contoh Kalimat Pasif Bahasa Sunda, Konsepnya Tak Jauh Beda Dengan Bahasa Indonesia!

×

Kumpulan Contoh Kalimat Pasif Bahasa Sunda, Konsepnya Tak Jauh Beda Dengan Bahasa Indonesia!

--

ASCOMAXX.com - Bahasa Sunda adalah salah satu bahasa daerah yang cukup populer di Indonesia. Selain karena berasal dari salah satu suku yang cukup besar di Indonesia, Bahasa Sunda memang menarik untuk dipelajari, baik itu dari segi logat dan juga cara pengucapannya. 

Bahasa Sunda adalah salah satu bahasa daerah yang cukup populer di Indonesia. Selain karena berasal dari salah satu suku yang cukup besar di Indonesia, Bahasa Sunda memang menarik untuk dipelajari, baik itu dari segi logat dan juga cara pengucapannya. Bahasa Sunda juga nyaris mirip seperti Bahasa Jawa. Yakni memiliki kosakata yang sangat banyak. Di dalam satu kata saja, ada beberapa macam arti.


Baca juga: Contoh Kecap Rajekan Dwipurwa Dalam Bahasa Sunda Lengkap Dengan Artinya

Baca juga: Peribahasa Sunda Adigung Hartina, Tabiat Manusia Tentang Kerendahan Hati

Baca juga: Kumpulan Contoh Kalimat Nuhun dalam Kehidupan, Yang Punya Pacar Orang Sunda Harus Tau Ya

Di dlm bunyi & aksara Sunda asli tak ada huruf F, Q, V, X, & Z. Huruf-huruf tersebut diserap ke dlm huruf ngalagena menjadi FA – QA – VA – ZA – ZA. Mungkin karena alasannya itulah orang Sunda ‘tidak bisa’ menyebut F (ep). Sebetulnya orang Sunda pula mampu menyebut F, namun simkuringsendiri kadang merasa kurang yakin diri saat menyebut huruf F.

Dalam bahasa indonesia Kalimat pasif adalah kalimat yang subjeknya dikenai perbuatan atau tindakan. Bentuk kalimat ini punya predikat berupa verba yang diawali dengan di- dan ter- di kata depan. Selain itu kalimat pasif ditambahkan imbuhan kata -i dan -di-...-kan. Perlu diketahui kalimat pasif predikatnya diubah dari kalimat pasif.

Sumber:

UPDATE TERBARU