Saturday 18th of May 2024

Spot Liburan Asyik di Bendungan Bili Bili, Dari Berburu Foto Aesthetic Sampai Kulineran Lengkap

×

Spot Liburan Asyik di Bendungan Bili Bili, Dari Berburu Foto Aesthetic Sampai Kulineran Lengkap

--


Bendungan Bili-bili selesai dibangun tahun 1995. Kemudian diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri pada tahun 1999. Beroperasi tahun 2001.

Bendungan Bili-Bili pernah meraih penghargaan sebagai bendungan dengan pengelolaan terbaik ke-3 di seluruh Indonesia. Konstruksi Bili-bili menggunakan bahan material beton bertulang ST60 dengan komposisi titanium, karbon steel S45 dengan ketebalan 10 meter. Konstruksi bendungan disebut memiliki ketahanan 70 sampai 100 tahun.

Pengelolaan Bendungan Bili-bili dibawah kendali Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR.

Spot Liburan Asyik di Bendungan Bili Bili


Pembangunan Bendungan Bili-bili menggunakan dana pinjaman dari Jepang. Dengan total pinjaman Rp 780 miliar. Bendungan dibangun dengan tipe urugan batu.

Pembangunan bendungan butuh waktu 13 tahun. Mulai perencanaan tahun 1986 sampai rampungnya pembangunan fasilitas bendungan di tahun 1999.

Bendungan yang terletak 30 Km di sebelah timur Kota Makassar ke arah hulu pertemuan sungai Jeneberang dan sungai Jenelata tersebut, membendung sungai Jeneberang di Desa Bili-bili, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Baca juga: Batas-Batas Daratan Pulau Kalimantan Adalah? Berikut Jawabannya!

Baca juga: Batas Laut Pulau Kalimantan Adalah? Ternyata Ini Jawabannya Berdasarkan Peta

Baca juga: Kondisi Geografis Pulau Kalimantan Berdasarkan Peta, Lengkap dari Luas Hingga Batas Daerah

Sumber:

UPDATE TERBARU