Thursday 9th of May 2024

Tips Menulis Tinjauan Pustaka dalam Penelitian Ilmiah yang Harus Diperhatikan

×

Tips Menulis Tinjauan Pustaka dalam Penelitian Ilmiah yang Harus Diperhatikan

--

ASCOMAXX.com - Penelitian ilmiah biasanya dilakukan untuk melakukan analisa terhadap suatu hal secara rinci dan sistematis. Pada penelitian ilmiah terdapat beberapa bab yang akan disampaikan, salah satunya tinjauan pustaka. Dalam penulisan tinjauan pustaka harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Penelitian ilmiah sendiri merupakan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah yang sistematis, terstruktur, dan obyektif dalam memperoleh informasi atau pengetahuan baru. Penelitian ilmiah dapat dilakukan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, seperti sains, teknologi, sosial, dan humaniora.


Penelitian ilmiah yang baik harus memenuhi kriteria validitas, reliabilitas, dan objektivitas untuk menghasilkan pengetahuan yang benar dan dapat diandalkan. Pada penulisan penelitian ilmiah terdapat beberap bab yang harus  dijelaskan. Salah satunya, adalah tinjauan pustaka.

Baca juga: Cara Menghitung Skala Likert Untuk Penelitian, Dilengkapi dengan Rumus dan Contohnya

Baca juga: Pengertian Pupuh Magatru Dalam Bahasa Sunda dan Contohnya, Agak Mirip Dengan Pantun Namun Berisi Nasihat

Baca juga: Pengertian Penilaian Pembelajaran (Asesmen) Adalah? Berikut Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Wajib Diketahui

Tinjauan pustaka dalam penelitian adalah proses mencari, membaca, dan menganalisis literatur yang relevan dengan topik penelitian yang sedang dijalankan. Tujuan dari tinjauan pustaka adalah untuk mengidentifikasi latar belakang, mengevaluasi temuan dan kesimpulan dari penelitian-penelitian tersebut.

Tips Menulis Tinjauan Pustaka

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat tinjauan pustaka dalam sebuah penelitian:

1. Pertimbangkan sumber informasi yang relevan dan berkualitas

Pastikan sumber informasi yang digunakan dalam tinjauan pustaka adalah sumber yang relevan dan berkualitas, seperti artikel jurnal, buku, dan dokumen resmi terkait topik penelitian.

Sumber:

UPDATE TERBARU