Friday 3rd of May 2024

Cara Membuat Kolecer Paling Mudah dan Praktis, Hanya Butuh 4 Bahan Langsung Bisa Bikin Mainan

×

Cara Membuat Kolecer Paling Mudah dan Praktis, Hanya Butuh 4 Bahan Langsung Bisa Bikin Mainan

--

ASCOMAXX.com – Ingin membuat kolecer sendiri? Nah, pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai cara membuat mainan kolecer yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Kolecer atau baling bambu merupakan sebuah mainan populer di wilayah kalangan masyarakat Sunda. Alat utama permainan tradisional masyarakat Sunda ini adalah baling-baling.


Baca juga: Bersihkan Karet Pintu Mesin Cuci Front Loading dengan Bahan ini, Cukup Digosok-gosok Tipis Lumpur Kotoran Sisa Detergen Langsung Hilang

Baca juga: Kumpulan Gambar Komik Ikan Sederhana dan Video Cara Buatnya, Siapkan Alat dan Bahan Bahannya!

Baca juga: Download Kumpulan Komik Sumpah Pemuda Untuk Inspirasi, Cocok Jadi Bahan Latihan Menggambar

Baling-baling ini terbuat dari kayu dengan dililit daun pisang kering. Baling-baling itu kemudian dipasang dengan batang bambu ukuran kecil sampai besar.

Panjang baling-baling kolecer beragam, dari 0,5 meter sampai sekitar empat meter. Bahan dasar yang digunakan adalah beberapa jenis kayu mulai dari pohon kitanah, randu, dan tisuk.

Mahalnya harga baling-baling bergantung pada kualitasnya saat dipasang untuk menantang angin. Jenis kolecer yang bagus adalah yang indah saat berputar dan mengeluarkan suara keras. Suara itu dihasilkan saat baling-baling berputar kencang karena melawan kencangnya angin.

Sumber:

UPDATE TERBARU