Friday 3rd of May 2024

Bersihkan Karet Pintu Mesin Cuci Front Loading dengan Bahan ini, Cukup Digosok-gosok Tipis Lumpur Kotoran Sisa Detergen Langsung Hilang

×

Bersihkan Karet Pintu Mesin Cuci Front Loading dengan Bahan ini, Cukup Digosok-gosok Tipis Lumpur Kotoran Sisa Detergen Langsung Hilang

--

ASCOMAXX.com - Noda dan lapisan kotoran yang melekat pada karet pintu adalah masalah umum yang sering terjadi pada mesin cuci jenis bukaan depan (front loading). Kejadian ini disebabkan oleh kurangnya sirkulasi udara dalam mesin cuci, tingginya kandungan mineral dalam air, serta jarangnya membersihkan mesin cuci dengan menggunakan air panas. Membersihkan noda dan lapisan kotoran yang melekat pada karet pintu akan menjadi tugas yang sulit tanpa melepasnya terlebih dahulu dari mesin cuci.

Dalam petunjuk manual mesin cuci, disarankan untuk selalu membuka pintu setiap kali proses pencucian selesai. Langkah ini bertujuan untuk memungkinkan udara masuk dan beredar, yang akan menghambat perkembangan kerak. Perawatan ini sebaiknya dilakukan setiap selesai mencuci.


Baca juga: Harga Franchise Laundry Koin Tahun 2023 dan Cara Bergabungnya, Pelayanan dan Sistem Mandiri atau Self Service

Baca juga: Harga Franchise Laundry Kiloan Tahun 2023 Lengkap Dengan Cara Daftar Berikut Syarat dan Linknya

Baca juga: Warnet Pandaan Terdekat dengan Lokasi Saya Saat Ini dan Paling Direkomendasi, Tarif Murah Per Jam

Selain itu, direkomendasikan juga untuk menjalankan proses pencucian dengan menggunakan air panas sekali dalam sebulan. Jika daya listrik di rumah tidak mendukung untuk mencuci dengan air panas karena konsumsi daya yang tinggi, ini mungkin menjadi penyebab lain timbulnya kerak, selain dari tingginya kandungan mineral dalam air keran yang digunakan dalam proses pencucian.

Langkah-langkah untuk membersihkan karet pintu dari tahap melepas, membersihkan dan memasang Kembali:

Peralatan

Untuk melepas dan memasang karet pintu tentunya terlebih dahulu membuka body dari mesin cuci itu sendiri. Ini memutuhkan alat atau tools yang gampang ditemukan di toko-toko peralatan. Berikut peralatan yang dibutuhkan:

  • Obeng minus
  • Obeng plus
  • Obeng bintang / torx ukuran T20
  • Mata kunci shock ukuran 7mm
  • Mata kunci shock ukuran 8mm
  • Ratchet wrench
  • Tang

Untuk kunci shock bisa diganti dengan kunci ring atau kunci pas. Namun saya lebih memilih ratchet wrench dan mata kunci shock terpisah karena lebih praktis penggunaanya.

Sumber:

UPDATE TERBARU