Saturday 18th of May 2024

Bersihkan Karet Pintu Mesin Cuci Front Loading dengan Bahan ini, Cukup Digosok-gosok Tipis Lumpur Kotoran Sisa Detergen Langsung Hilang

×

Bersihkan Karet Pintu Mesin Cuci Front Loading dengan Bahan ini, Cukup Digosok-gosok Tipis Lumpur Kotoran Sisa Detergen Langsung Hilang

--

Cara Membersihkan Karet Mesin Cuci Tanpa Bongkar

Anda juga memiliki opsi untuk membersihkan karet pintu mesin cuci yang terinfeksi jamur tanpa perlu melepas dan membongkar bagian depan mesin cuci. Salah satu metode yang dapat Anda gunakan adalah membersihkannya dengan menggunakan cuka.

Metode ini cukup sederhana dan relatif aman untuk menghilangkan jamur, meskipun bisa memakan waktu.


Yang harus kamu lakukan adalah mengikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini:

  1. Pastikan kamu mengenakan sarung tangan dan kacamata pelindung (ini sangat penting).
  2. Tuangkan cuka ke dalam botol semprot.
  3. Semprotkan cuka ke area karet pintu mesin cuci bukaan depan yang terinfeksi jamur, dan biarkan selama dua hingga empat jam.
  4. Setelah waktu berlalu, bilas karet pintu mesin cuci dengan air bersih.
  5. Biarkan pintu mesin cuci tetap terbuka dan biarkan karet mengering.

Baca juga: Cara Mengganti Kapasitor Pompa Air yang Rusak, Permudah Starting Mesin Otomatis

Baca juga: Cara Reset Mesin Fingerprint Solution yang Baik dan Benar, Ikuti Panduannya Disini!

Baca juga: Cara Memperbaiki Mesin Cuci Kode Error E4 di Semua Merk, Ternyata Mudah Banget Lho!

Untuk membersihkan karet pintu mesin cuci dari jamur, noda, dan kerak, Anda juga bisa menggunakan bahan dapur yang tersedia. Setelah membersihkannya, lakukan perawatan berkala pada karet mesin cuci front loading, seperti:

  • Selalu buka pintu mesin cuci setiap selesai mencuci dan biarkan sebentar untuk sirkulasi udara. Ini akan membantu mencegah pertumbuhan kerak dan bau dalam mesin.
  • Jangan menempatkan mesin cuci di tempat yang gelap dan lembab, bahkan jika pintunya terbuka. Tempat yang gelap dapat mengurangi efektivitasnya.
  • Sekali sebulan, gunakan air panas untuk mencuci mesin cuci dalam keadaan kosong, tanpa pakaian, dan tambahkan deterjen bubuk.
  • Karena air yang digunakan cenderung mengandung mineral dan dapat menyebabkan kerak, sebaiknya gunakan pembersih khusus air atau soda kue secara berkala. Lakukan ini pada siklus pencucian yang berbeda.

Nah, demikian tadi informasi mengenai cara membersihkan karet mesin cuci front loading yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan selamat mencuci baju!

Sumber:

UPDATE TERBARU