Monday 20th of May 2024

Tips Menulis Tinjauan Pustaka dalam Penelitian Ilmiah yang Harus Diperhatikan

×

Tips Menulis Tinjauan Pustaka dalam Penelitian Ilmiah yang Harus Diperhatikan

--

2. Buatlah catatan dan ringkasan

Catatlah informasi penting dari setiap sumber yang digunakan dan buatlah ringkasan dari tiap sumber untuk mempermudah pemahaman dan penggunaan informasi tersebut.


3. Organisasi informasi

Susun informasi yang didapatkan dari sumber-sumber yang relevan secara terstruktur dan terorganisir untuk memudahkan pembaca dalam memahami tinjauan pustaka.

4. Analisis informasi

Selain menyajikan informasi dari sumber-sumber, lakukan analisis terhadap informasi tersebut untuk menghubungkan dengan topik penelitian dan juga untuk memperlihatkan kesamaan, perbedaan, atau penemuan yang relevan.

5. Berikan kutipan dan referensi yang jelas

Pastikan bahwa setiap sumber yang digunakan tersebut telah mengacu dengan benar melalui kutipan dan referensi yang jelas dan juga sesuai dengan gaya penulisan yang digunakan.

6. Hindari plagiarisme

Tinjauan pustaka harus menghindari plagiarisme dengan menghindari menyalin informasi dari sumber tanpa memberikan atribusi atau melakukan penyalinan konten yang sama persis tanpa melakukan analisis dan sintesis.

Baca juga: ASEAN Adalah: Pengertian, Sejarah, Tujuan, dan Daftar Negara Anggota

Baca juga: Pengertian Dwimatra pada Karya Seni, Lengkap Contoh dan Penjelasan Lengkapnya

Baca juga: Lukisan Aliran Ekspresionisme Adalah: Pengertian, Sejarah, Ciri-Ciri, dan Daftar Tokoh Seniman Populer

7. Jangan lupakan topik penelitian

Pastikan tinjauan pustaka tersebut berhubungan dengan topik penelitian dan juga telah menjawab pertanyaan penelitian yang sudah dirumuskan. Tinjauan pustaka harus terintegrasi dan konsisten dengan tujuan dan metodologi penelitian.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait tips membuat tinjauan pustaka yang bisa kalian jadikan acuan dalam penulisannya. Sekian informasi dari kami, semoga bisa bermanfaat dan selamat belajar.

Sumber:

UPDATE TERBARU