Monday 6th of May 2024

Suspensi Bottom Link Untuk Sepeda Motor Jenis Apa? Ternyata Tidak Semua Bisa Pakai

×

Suspensi Bottom Link Untuk Sepeda Motor Jenis Apa? Ternyata Tidak Semua Bisa Pakai

--

Jenis motor untuk suspensi bottom link

Setiap sepeda motor dilengkapi dengan suspensi yang fungsi utamanya adalah sebagai peredam getaran. Jadi apabila terjadi kerusakan pada suspensi Anda akan merasa tidak nyaman ketika melewati jalan tidak rata.

Getaran yang tidak teredam nantinya dapat mempengaruhi bodi dan komponen mesin lainnya. Oleh karena itu komponen suspensi perlu dikenali jenis dan juga dirawat dengan baik. 


Perlu diketahui bahwa prinsip yang pertama adalah bottom link fork yang lebih banyak digunakan untuk sepeda motor jenis lama. Kedua adalah jenis suspensi telescopic fork yang lebih banyak digunakan sepeda motor jenis bebek.

Prinsip kerja suspensi, adalah dengan menggunakan material elastis yang memiliki toleransi terhadap tekanan secara tiba-tiba. Dengan kata lain, material yang dipakai pada suspensi ini saat salah satu ujing tertekan secara tiba-tiba maka ujung lainnya harus tidak terpengaruh atau pengaruhnya lebih kecil.

Selain itu material yang digunakan juga haruslah kuat dan tahan terhadap deformasi akibat gaya tekan yang dikenakan secara terus menerus. Oleh karena itu, digunakan bahan baja elastis yang dibuat khusus dengan campuran beberapa logam lain.

Baca juga: Contoh Surat Undangan Acara Komunitas, Dilengkapi dengan Susunan Struktur yang Baik dan Benar

Baca juga: Download Soal-soal PDF Buku Tema 6 Kelas 4 SD/MI Beserta Kunci Jawaban!

Baca juga: 6 Macam Kontraksi yang Wajib Diwaspadai Oleh Ibu Hamil, Jangan Panik

Secara garis besar, sistem suspensi bottom link memberikan stabilitas yang lebih baik pada sepeda motor karena titik pivot atau gantungan suspensi berada di bawah girder bawah dan titik penghubung girder atas dengan rangka, sehingga memberikan keseimbangan yang lebih baik. Hal tersebut menjadi sebuah keuntungan jika menggunakan suspense jenis bottom link pada motor.

Nah, itu dia pembahasan sekilas yang dapat kami sampaikan mengenai jenis motor yang gunakan suspensi jenis bottom link. Semoga bermanfaat.

 

Sumber:

UPDATE TERBARU