Monday 29th of April 2024

Suspensi Jenis Bottom Link Pada Sepeda Motor, Cenderung Lebih Berat Dari yang Lain

×

Suspensi Jenis Bottom Link Pada Sepeda Motor, Cenderung Lebih Berat Dari yang Lain

--

Suspense jenis bottom link pada sepeda motor

Prinsip kerja suspensi, adalah dengan menggunakan material elastis yang memiliki toleransi terhadap tekanan secara tiba-tiba. Dengan kata lain, material yang dipakai pada suspensi ini saat salah satu ujing tertekan secara tiba-tiba maka ujung lainnya harus tidak terpengaruh atau pengaruhnya lebih kecil.

Selain itu material yang digunakan juga haruslah kuat dan tahan terhadap deformasi akibat gaya tekan yang dikenakan secara terus menerus. Oleh karena itu, digunakan bahan baja elastis yang dibuat khusus dengan campuran beberapa logam lain.


Secara garis besar, sistem suspensi bottom link memberikan stabilitas yang lebih baik pada sepeda motor karena titik pivot atau gantungan suspensi berada di bawah girder bawah dan titik penghubung girder atas dengan rangka, sehingga memberikan keseimbangan yang lebih baik. Hal tersebut menjadi sebuah keuntungan jika menggunakan suspense jenis bottom link pada motor.

Baca juga: Contoh Surat Undangan Acara Komunitas, Dilengkapi dengan Susunan Struktur yang Baik dan Benar

Baca juga: Kontraksi Palsu: Pengertian, Penyebab Terjadinya dan Perbedaannya Dengan Kontraksi Asli

Baca juga: Contoh Soal Biaya Produksi Jangka Pendek dan Pembahasannya, Dilengkapi dengan Link Downloadnya

Lalu, untuk beberapa kekurangan sistem suspensi bottom link  dapat diketahui sebagai berikut.

  • Berat: Sistem suspensi bottom link cenderung lebih berat daripada sistem suspensi lainnya seperti upside down, karena memiliki beberapa komponen tambahan seperti penghubung girder dan link bawah.
  • Keterbatasan ground clearance: Sistem suspensi bottom link cenderung memiliki ground clearance yang lebih rendah daripada sistem suspensi lainnya, karena suspensi bawah mengambil tempat di bawah girder bawah sehingga membuat sepeda motor lebih mudah menyentuh tanah saat melewati jalan yang bergelombang atau bermasalah.
  • Biaya: Sistem suspensi bottom link biasanya lebih mahal dalam produksinya karena memiliki beberapa komponen tambahan dan geometri yang lebih kompleks.

Nah, itu dia pembahasan sekilas yang dapat kami sampaikan mengenai suspensi jenis bottom link pada sepeda motor tentang keuntungan dan kerugiannya. Semoga bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU