Thursday 16th of May 2024

Contoh Soal Biaya Produksi Jangka Pendek dan Pembahasannya, Dilengkapi dengan Link Downloadnya

×

Contoh Soal Biaya Produksi Jangka Pendek dan Pembahasannya, Dilengkapi dengan Link Downloadnya

--

ASCOMAXX.com – Ingin belajar biaya produk dengan lebih baik? Nah, pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai cara menghitung dan contoh soal biaya produksi jangka pendek yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Berdasarkan Dahliah dalam buku Ekonomi Manajerial (2021), biaya produksi jangka pendek ialah perhitungan biaya produksi yang mana sebagian faktor produksinya tidak dapat mengalami penambahan jumlah. Biaya produksi jangka pendek sendiri masih dibagi menjadi fixed cost dan variable cost.


Baca juga: Contoh Flowchart Percabangan 2 Kondisi, Begini Syarat dan Perhitungannya

Baca juga: 6 Contoh Gambar Kaligrafi yang Bagus dan Indah, Mudah Ditiru Bagi Pemula!

Baca juga: Contoh Buku Pulsa Konter, Ayo Mulai Usaha Dengan Terstruktur!

Fixed cost adalah biaya yang berhubungan dengan input yang sifatnya tetap, seperti biaya sewa gedung. Sedangkan variable cost dihubungkan dengan input yang sifatnya variabel, seperti gaji pegawai, bahan mentah, dan lainnya.

Untuk variabel dari biaya jangka pendek ini antara lain sebagai berikut:

  • Biaya total (TC) adalah jumlah total biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk memperoleh input produksi.
  • Biaya tetap (TFC) adalah biaya produksi yang jumlahnya tetap dan tidak terpengaruh dengan jumlah produk yang diproduksi perusahaan.
  • Biaya variabel (TVC) adalah biaya produksi yang jumlahnya berubah-ubah mengikuti jumlah produk yang diproduksi perusahaan.

Sumber:

UPDATE TERBARU