Sunday 16th of June 2024

Tahapan Imu Makrifat Menurut Imam Al-Ghazali, Ingat! Harus Menjaga Kesucian Hati dan Jiwa

×

Tahapan Imu Makrifat Menurut Imam Al-Ghazali, Ingat! Harus Menjaga Kesucian Hati dan Jiwa

--

ASCOMAXX.com – Artikel ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang akan membahas tentang ilmu makrifat diri. Untuk mendapatkan informasi secar lengkap mari simak pembahasan di bawah ini ya.

Mungkin sebagian dari kita sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan ilmu makrifat diri. Akan tetapi bagi yang belum mengerti tidak perlu khawatir juga. Kita akan mengenal apa itu makrifat secara lebih dalam.

Mengenal Apa Itu Makrifat


Apabila berbicara mengenai makrifat pasti tidak jauh dengan pengalaman batin seseorang. Makrifat bisa dikatakan juga bagian dari tasawuf dimana manusia lebih mengenal Sang Penciptanya.

Baca juga: Bacaan Doa Anak Sakit Batuk Pilek dan Sesak Nafas, Diiringi dengan Ramuan Herbal Inshaallah Sembuh!

Baca juga: Mengenal Aliran Satanic/Satanisme, Hati-hati! Gerakan Pemuja Setan dan Menentang Ajaran Agama Allah

Baca juga: Doa Menyebut Nama Seseorang di Malam Lailatul Qadar: Allahumma Innaka Afuwwun

Berdasarkan buku Rahasia Shalatnya Orang-orang Makrifat karya Imam Al Ghazali (2019), makrifatullah adalah pengetahuan yang di dalam hati tidak memiliki keraguan terhadap Dzat dan sifat Allah.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengatakan bahwa pengertian makrifat adalah bagian dari tingkat penyerahan diri kepada Tuhan, yang naik setingkat demi setingkat sehingga sampai ke tingkat keyakinan yang kuat. 

Dalam buku berjudul Akhlak Tasawuf oleh Abuddin Nata, pengertian makrifat adalah upaya penghayatan kepada Allah SWT (makrifatullah) menjadi tujuan utama dan sekaligus menjadi inti ajaran tasawuf.

Sumber:

UPDATE TERBARU