Saturday 4th of May 2024

Tahapan Seseorang Mengamalkan Ilmu Makrifat Diri, Bisa Dimulai Dengan Memperkuat Keimanan

×

Tahapan Seseorang Mengamalkan Ilmu Makrifat Diri, Bisa Dimulai Dengan Memperkuat Keimanan

--

ASCOMAXX.com – Kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang akan membahas tentang tahapan seseorang mengamalkan ilmu makrifat diri. Mari simak pembahasan berikut ini.

Setiap hari setiap saat sebagai umat muslim pasti kita semua berlomba – lomba untuk memperbanyak amalan – amalan yang sholih. Islam merupakan agama yang sempurna yang ajarannya tak lekang waktu. 


Makrifat bukan sebuah istilah yang asing di telinga ketika kita membicarakan tentang agama. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengatakan bahwa pengertian makrifat adalah bagian dari tingkat penyerahan diri kepada Tuhan, yang naik setingkat demi setingkat sehingga sampai ke tingkat keyakinan yang kuat. 

Baca juga: Cara Mengamalkan Sholawat Basyairul Khoirot yang Tepat, Agar Mendapatkan Faedah yang Diridhoi Allah Swt

Baca juga: Apakah Boleh Mengedit KTP Secara Mandiri? Hati-hati! Ada Pasal dan Hukumnya

Baca juga: Cara Mudah Mengedit KTP Terbaru 2023, Bisa Lengkapi Data Diri dan Ganti Foto yang Diingini

Melalui buku berjudul Akhlak Tasawuf oleh Abuddin Nata, pengertian makrifat adalah upaya penghayatan kepada Allah SWT (makrifatullah) menjadi tujuan utama dan sekaligus menjadi inti ajaran tasawuf.

Makrifat berarti mengenal atau mengetahui. Dalam Islam, makrifat dikaji dalam ilmu tasawuf yang bertujuan untuk mengenal Sang Pencipta. Menurut Imam Ghazali dalam bukunya Shalatnya Orang-Orang Makrifat, makrifatullah adalah pengetahuan yang tidak ada keraguan sedikit pun di dalam hati terhadap Dzat dan sifat Allah.

Sumber:

UPDATE TERBARU