Friday 24th of May 2024

Kisah Misteri Bendungan Batu Tegi, Adanya Penampakan yang Bikin Bulu Kuduk Merinding

×

Kisah Misteri Bendungan Batu Tegi, Adanya Penampakan yang Bikin Bulu Kuduk Merinding

--

ASCOMAXX.com – Setiap tempat selalu memiliki kisah misteri yang tidak bisa dipecahkan dengan nalar. Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai kisah misteri dari Bendungan Batu Tegi yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Diketahui bendungan merupakan sebuah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi. Hingga saat ini, di Indonesia sendiri sudah ada banyak bendungan di tiap daerah baik sudah lama dibuat hingga baru.


Baca juga: Spesifikasi Bendungan Batu Tegi, Jadi Pembangkit Listrik Tenaga Air dan Tempat Wisata Populer di Lampung

Baca juga: Bendungan Bener Jadi Waduk Tertinggi Nomor 2 di Asia dan Pertama di Indonesia

Baca juga: Wisata Bendungan Selorejo Ngantang, Malang: Harga Tiket Masuk 2023, Lokasi, Rute, dan Jam Operasional

Sekilas Tentang Bendungan Batu Tegi

Bendungan Batu Tegi merupakan sebuah bendungan di kaki Gunung Kelud di Pekon Batu Tegi, Air Naningan, Tanggamus, Lampung. Bendungan ini dibangun untuk membendung Sungai Sekampung.

Volume waduk yang terbentuk akibat dibangunnya bendungan ini mencapai sekitar 687,767 juta meter3, dengan luas permukaan air sebesar 16 km2. Bendungan tersebut hingga kini berfungsi terutama sebagai pembangkit listrik tenaga air dan pengairan lahan pertanian.

Profil Bendungan Batu Tegi

Berdasarkan beberapa sumber, Bendungan Batu tegi terletak diantara 2 lekukkan bukit yang tinggi dan air pada bendungan itu menenggelamkan bukit tersebut. Proses pembuatan Bendungan Batu Tegi ini pada tahun 1995 silam, dan diresmikan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri yang mana saat itu beliau menjabat menjadi presiden.

Sumber:

UPDATE TERBARU