Thursday 2nd of May 2024

Jarak Zonasi Sekolah SMA/SMK Negeri Tahun 2023, Ternyata Segini Jarak Maksimal Dari Sekolah ke Rumah Agar Bisa Diterima

×

Jarak Zonasi Sekolah SMA/SMK Negeri Tahun 2023, Ternyata Segini Jarak Maksimal Dari Sekolah ke Rumah Agar Bisa Diterima

--

ASCOMAXX.com - Sistem zonasi pada sekolah merupakan salah satu jalur penerimaan siswa baru yang berdasarkan pada ketentuan zona tempat tinggalnya. Terlepas dari pengertian zonasi sekolah, sistem ini ditujukan supaya calon siswa-siswi bisa mendaftar kesekolah lanjutan sesuai dengan lokasi tempat tinggal.

Sistem zonasi ini merupakan kebijakan dari Kemdikbud yang pertama kali diterapkan pada tahun 2017. Kebijakan tersebut, mengubah secara mendasar kategori/persyaratan penerimaan calon peserta didik di sekolah negeri. Dari yang menggunakan nilai UN ke jarak rumah dan sekolah.


Nah, karenanya kali ini akan kami sampaikan informasi mengenai jarak zonasi sma yang bisa langsung kamu periksa melalui artikel yang sudah kami sampaikan di bawah ini, ya!

Baca juga: Contoh Soal Teks Editorial Kelas 12 SMA/MA Tahun 2023 Kurikulum Merdeka Pilihan Ganda Beserta Kunci Jawabannya

Baca juga: Kumpulan Contoh Soal UAS Biologi Kelas 12 SMA/SMK/MA Tahun Ajaran 2022/2023 dan Pembahasannya

Baca juga: Sinopsis Webtoon When We Were Fifteen, Perjalanan Kisah Persahabatan yang Manis di SMA

Setelah diterapkan beberapa tahun sistem zonasi tersebut, kini pemerintah telah mengeluarkan kebijakan baru lagi. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada tingkat SMK Negeri tahun 2023, sekarang ini sudah tidak menerapkan sitem rayon atau zonasi layaknya SMAN.

Hal tersebut juga telah tertuang dalam petunjuk teknis PPDB SMA dan SMK serta sekolah luar biasa yang telah dikeluarkan oleh Kemendikbudristek RI. Dalam petunjuk teknis tersebut juga sudah disampaikan dengan jelas. Namun di beberapa wilayah masih menggunakan sistem ini.

Sumber:

UPDATE TERBARU