Saturday 25th of May 2024

Mengenal Bendungan Jatiluhur yang Jadi Pemasok Air dan Listrik di Jawa Barat, Hasilkan 2.700 kwh Setiap Harinya

×

Mengenal Bendungan Jatiluhur yang Jadi Pemasok Air dan Listrik di Jawa Barat, Hasilkan 2.700 kwh Setiap Harinya

--

ASCOMAXX.com - Di bawah ini kami sampaikan informasi terkait Bendungan Jatiluhur yang belakangan tengah hits. Supaya tak ketinggalan informasinya, yuk simak selengkapnya di sini.

Wisata bendungan memang terkenal menyuguhkan panorama dan suasana yang kerap menjadi pilihan bagi warga setempat atau bahkan turis dari daerah lain.


Suasana pengunungan juga membuat pengunjung merasa lebih dekat dengan alam. Kamu bisa melakukan banyak hal di bendungan terbesar Indonesia ini.

Baca juga: Sejarah Bendungan Jatiluhur yang Tenggelamkan 14 Desa Hingga Jadi Pengaman Jakarta Dari Amukan Sungai Citarum

Baca juga: Mitos dan Misteri yang Menyelimuti Waduk Jatiluhur, Konon Merupakan Wilayah Kekuasaan Mbah Jawer

Baca juga: Wisata Bendungan Jatiluhur yang Jadi Waduk Terbesar di Indonesia Cek Harga Tiket, Lokasi, Serta Jam Operasionalnya

Bendungan ini dibangun mulai tahun 1957 dengan peletakan batu pertama oleh Presiden RI pertama Ir Soekarno dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 26 Agustus 1967. Pembangunan bendungan Waduk Jatiluhur menelan dana USD 230 juta.

Waduk Jatiluhur dibangun dengan membendung Sungai Citarum dengan luas daerah aliran sungai, yaitu 4.500 km persegi. Waduk mulai dibangun pada 1957 dengan peletakkan batu pertama oleh Presiden Soekarno dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 26 Agustus 1967.

Pembangunan Waduk Jatiluhur menelan biaya US$ 230 juta. Nama bendungan waduk dinamakan Ir. H. Juanda dikarekan perjuangan beliau dalam pembiayaan pelaksana konstruksi Bendungan Jatiluhur.

Sumber:

UPDATE TERBARU