Wednesday 24th of April 2024

Seleksi Mandiri Apakah Langsung Diterima? Ini Dia Penjelasan dan Tips Agar Bisa Lolos Ujian

×

Seleksi Mandiri Apakah Langsung Diterima? Ini Dia Penjelasan dan Tips Agar Bisa Lolos Ujian

--

ASCOMAXX.com – Untuk masuk ke perguruan tinggi, kamu bisa melewati beberapa jalur salah satunya adalah jalur mandiri. Lantas, benarkah jika melalui jalur mandiri bisa langsung berhasil jadi mahasiswa? Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

Jalur Mandiri merupakan salah satu sistem penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan oleh perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi negeri di Indonesia.


Baca juga: Daya Tampung Peminat UIN Jakarta Jalur SNMPTN, Pilih Jurusan Favoritmu dan Lihat Peluang Masuknya!

Baca juga: Peta Jalur Jalan Tol Lingkar Luar Solo Direncanakan Lahap Sekitar 300 Hektar Lahan Pertanian di Klaten

Baca juga: Cara Membuat Akun SNMPMB 2023 Untuk Siswa Gap Year yang Ingin Melanjutkan Kuliah Lewat Jalur UTBK SNBT

Diketahui jika beberapa universitas mengadakan sistem penerimaan secara bersama-sama, namun sebagian besar tetap mengadakan seleksi secara mandiri. Mereka pun juga memiliki ketentuan dan kriteria syarat masuk masing-masing.

Apakah Jalur Mandiri Langsung Lolos Kuliah?

Berdasarkan beberapa sumber informasi, sebenarnya secara jumlah pendaftar, peserta ujian jalur mandiri umumnya masih di bawah SNBT. Begitu pula secara tingkat keketatan (kuota dibandingkan jumlah pendaftar), mayoritas ujian jalur mandiri memiliki keketatan di bawah SNBT.

Meskipun begitu bukan berarti ujian jalur mandiri ini pasti diterima karena daya tampungnya terbatas. Tetap ada seleksi atau persaingan dalam ujian jalur mandiri meskipun pada umumnya persaingannya di bawah SNBT.

Sumber:

UPDATE TERBARU